Cetak Sejarah, Senegal Miliki 2 Ibu Negara untuk Pertama Kalinya

Kamis, 04 April 2024 - 14:27 WIB
loading...
Cetak Sejarah, Senegal Miliki 2 Ibu Negara untuk Pertama Kalinya
Presiden baru Senegal, Bassirou Diomaye Faye (BDF), menggandeng dua istrinya saat dilantik. Ini menjadi yang pertama kalinya, Senegal memiliki dua Ibu Negara. Foto/VoA
A A A
DAKAR - Senegal mencetak sejarah dengan memiliki dua Ibu Negara untuk pertama kalinya. Sebab, presiden terpilih Bassirou Diomaye Faye (BDF) mempunyai dua istri.

Faye naik ke panggung saat pelantikannya sebagai presiden pada 2 April 2024, di mana dia memegang tangan kedua istrinya, Marie Khone dan Absa Fall.

Poligami merupakan praktik tradisional yang tertanam kuat dalam budaya Senegal yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Marie Khone yang hingga kini tak pernah menjadi sorotan, berasal dari desa yang sama dengan Faye yang berusia 44 tahun. Mereka menikah 15 tahun lalu dan memiliki empat anak.



Faye menikahi istri keduanya; Absa Fall, lebih dari setahun yang lalu.

“Ini adalah pengakuan tertinggi terhadap tradisi poligami di kalangan petinggi negara, dengan situasi yang mencerminkan realitas Senegal,” kata sosiolog setempat, Djiby Diakhate.

"Banyak laki-laki memuji praktik ini sementara perempuan cenderung tetap tidak percaya," ujarnya, seperti dikutip AFP.

Poligami telah lama menimbulkan kontroversi dan penampilan publik BDF dengan kedua istrinya di sisinya dan didukung oleh ribuan pendukungnya telah menjadikannya topik pembicaraan utama di media, sehingga memicu beragam reaksi.

“Menjadi istri kedua lebih cocok untuk saya daripada menjadi yang pertama,” kata penyanyi ternama Mia Guisse bangga dalam video yang baru-baru ini menjadi viral.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)