Antisipasi Keadaan Darurat Saat Mudik, Simpan Nomor-nomor Ini!

Sabtu, 30 Maret 2024 - 17:16 WIB
loading...
Antisipasi Keadaan Darurat Saat Mudik, Simpan Nomor-nomor Ini!
Pengguna hendaknya mengetahui dan menyimpan nomor-nomor darurat yang penting. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi banyak dipilih masyarakat Indonesia karena dianggap lebih praktis. Tapi, ada beberapa risiko yang mengancam sehingga dibutuhkan nomor penting yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat.

Mudik merupakan tradisi yang sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia selama puluhan tahun. Selain mempersiapkan kondisi mobil, penting untuk menyimpan nomor darurat.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi situasi yang tidak terduga, seperti kecelakaan, pencurian, atau kehilangan barang berharga. Oleh sebab itu, mengetahui nomor darurat sebelum mudik sangat penting untuk menjaga keselamatan dan keamanan.

Melakukan tindakan preventif merupakan seseuatu yang wajar untuk dilakukan sebagai persiapan apabila terjadi hal yang tak diinginkan.

Berikut nomor darurat yang perlu diketahui pemudik seperti dibagikan Auto2000.

Nomor Darurat Tol

1. Nomor Telepon Jasa Marga
Pengelola tol ini memiliki layanan call center yang siaga selama 24 jam, yang dapat dihubungi melalui nomor 14080. Pemudik perlu menyimpan nomor ini untuk mengantisipasi apabila berada dalam kondisi darurat.

2. Layanan Informasi
Untuk mendapatkan layanan informasi jalan tol, pemudik bisa menghubungi nomor 0813-8006-8000. Ini bisa dimanfaatkan untuk pertanyaan seputar kondisi jalan tol dan sejenisnya.

3. Traffic Monitoring Center ASTRA Tol Cipali
Traffic Monitoring Center atau disingkat TMC bersiaga selama 24 jam yang dapat dihubungi melalui nomor 0260-760-600. Ini dapat dimanfaatkan untuk melayangkan pertanyaan mengenai tol Cipali.

Nomor Darurat Kepolisian

110 (Polisi)

Nomor ini dapat dihubungi apabila pemudik mengalami situasi darurat seperti pencurian, perampokan, atau kejadikan kriminal lainnya. Masyarakat bisa menghubungi nomor ini untuk melaporkan kejadian atau meminta bantuan polisi.

112 (Panggilan Darurat Polisi)

Nomor darurat 112 penting untuk diketahui sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman. Nomor ini dapat digunakan untuk menghubungi polisi, ambulans, atau pemadan kebakaran dalam situasi darurat.

113 (Polisi Lalu Lintas)

Apabila mengalami kecelakaan atau menghadapi masalah lalu lintas lainnya saat mudik, maka nomor ini yang dapat dihubungi. Ini merupakan nomor darurat khusus polisi lalu lintas di Indonesia yang dapat dihubungi untuk melaporkan kecelakaan lalu lintas atau meminta bantuan dalam menghadapi situasi darurat di jalan raya.

119 (Pemadam Kebakaran)

Jika dalam perjalanan mudik mobil mengalami kebakaran atau melihat kendaraan lain terbakar, maka segera hubungi nomor 119. Maka, operator akan langsung mengerahkan unit pemadam kebakaran terdekat dari lokasi.

114 (Pertolongan Pertama)

Ini merupakan nomor yang dapat Anda hubungi jika memerlukan pertolongan pertama atau bantuan medis saat mudik.


021-5237788 (Call Center Kepolisian)

Selain nomor darurat di atas, pemudik juga bisa menghubungi Call Center Kepolisian untuk meminta informasi, melaporkan kejadian non-darurat, atau meminta bantun dalam situasi yang tidakmengancamjiwa.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)