Bakal Ada Diskon Tarif Tol Saat Mudik Lebaran 2024, Besarannya hingga 20%

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:14 WIB
loading...
Bakal Ada Diskon Tarif Tol Saat Mudik Lebaran 2024, Besarannya hingga 20%
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan, kabar terbaru terkait dengan rencana pemberian diskon tarif tol pada periode Lebaran 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Asosiasi Tol Indonesia (ATI) disebutkan sudah mengirimkan surat terkait rencana pemberian diskon tarif tol pada periode Lebaran 2024 . Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tulus Abadi mengatakan, diskon tersebut akan diberikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) maksimal 20% dari harga normal pada periode tertentu.

Pemberian diskon tarif tersebut bertujuan untuk mendistribusikan lalin agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu yang sama.

"Asosiasi Tol Indonesia (ATI) sudah berkirim surat kepada Menteri PUPR untuk menginformasikan bahwa akan ada diskon tarif kisarannya maksimum 20% dari harga yang ada," ujar Tulus dalam media gathering Astra Infra di Jakarta, Kamis (28/3/2024).



Lebih lanjut, Tulus menerangkan, diskon tersebut utamanya akan diberikan pada ruas tol trans Jawa yang saat ini masih menjadi titik pergerakan paling tinggi berdasarkan survey, pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Khususnya di Trans Jawa yang diberlakukan. Tapi ini belum ada pengumuman resmi dari BUJT, namun dari informasi yang diterima Kementerian PUPR, akan ada diskon tarif dari bujt di 20% (maksimal) pada ruas trans Jawa," sambungnya.

Tulus mengaku hingga saat ini pihaknya sudah berkomunikasi secara intens kepada BUJT terkait rencana pemberian diskon tarif tol. Bahkan rencananya, diskon tarif tol akan diberikan hingga ruas tol Kalikangkung. Terkait pengumuman resminya, targetnya pada H-7 Lebaran sudah disosialisasikan lebih jauh ke masyarakat.

Menurutnya, kepadatan kendaraan diperkirakan akan terjadi hingga ruas tol Kalikangkung. Hal tersebut melihat proyeksi pergerakan orang yang berada di pulau Jawa selama periode arus mudik dan balik lebaran 2024.

Pergerakan tertinggi terjadi di daerah Jawa Timur, kedua adalah Jabodetabek. Sedangkan tujuan pemudik berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mayoritas akan mengarah ke Jawa Tengah.

"Akan diberlakukan di ruas trans Jawa, kalau saya diskusi dengan BUJT lain kelihatannya sampai Kalikangkung, karena setelah Kalikangkung kondisinya sepi, tidak berani memberikan diskon. Artinya trafiknya, revenue -nya juga kecil, kemacetan juga sudah berkurang karena sudah sepi ketika sampai Kalikangkung," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3126 seconds (0.1#10.140)