6 Kekuatan Militer Negara NATO Terhebat di Eropa, Nomor 2 Hampir Perang Lawan Rusia

Jum'at, 22 Maret 2024 - 20:54 WIB
loading...
6 Kekuatan Militer Negara NATO Terhebat di Eropa, Nomor 2 Hampir Perang Lawan Rusia
Tentara Prancis berjaga di dekat Menara Eiffel di Paris. Foto/REUTERS/Yves Herman
A A A
PARIS - Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini, kekuatan militer suatu negara menjadi perhitungan yang sangat penting.

Kekuatan militer tidak hanya mencakup jumlah personel dan senjata, tetapi juga strategi, teknologi, dan kemampuan logistik.

Saat ini, konflik antara negara-negara anggota NATO dan Rusia semakin memanas, terutama terkait dengan situasi di Ukraina.

Kita akan melihat lebih dekat kekuatan militer negara-negara anggota NATO di Eropa, dan bagaimana mereka berpotensi terlibat dalam konflik militer dengan Rusia.

Berikut ini adalah deretan negara-negara anggota NATO di Eropa dengan kekuatan militer terkuat berdasarkan data terbaru indeks kekuatan militer:

1. Inggris


Inggris adalah salah satu negara dengan kekuatan militer terbesar di Eropa. Berdasarkan data terbaru dari Global Fire Power, Inggris menduduki peringkat ke-6 dari 145 negara di dunia dan peringkat pertama di Eropa.

Negara ini memiliki sistem pertahanan terbaik se-Eropa pada 2023, dengan skor indeks kekuatan 0,14352.

Negara berbentuk monarki yang dipimpin Raja Charles III itu diperkuat oleh 231.000 prajurit yang tersebar di angkatan darat, laut, dan udara.

Di sektor udara, Inggris menyiapkan alutsista berupa 119 pesawat tempur, 42 pesawat serang darat, dan 33 unit helikopter serang.

2. Prancis


Prancis merupakan salah satu negara dengan anggaran pertahanan terbesar di Uni Eropa, dan kekuatan angkatan bersenjata aktif yang signifikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)