Indonesia Harusnya Contek Pengembangan Olahraga di Korea Selatan dan Thailand

Sabtu, 16 Maret 2024 - 13:05 WIB
loading...
Indonesia Harusnya Contek Pengembangan Olahraga di Korea Selatan dan Thailand
Indonesia diminta belajar dari Korea Selatan dan Thailand mengenai pengembangan olahraga / Foto: Kemenparekraf
A A A
Indonesia diminta belajar dari Korea Selatan dan Thailand mengenai pengembangan olahraga . Hal sebagaimana disampaikan Pengamat Hubungan Internasional UPN Veteran Jakarta, Asep Kamaluddin Nashir.

Asep menilai fokus pengembangan olahraga di Indonesia hanya berputar pada pembinaan atlet. Sementara Korsel, Thailand serta negara lain justru mengembangkan potensi devisa dari sektor olahraga.

Ditambahkan, potensi wisata pada pagelaran olahraga terjadi setiap tahun baik berskala Internasional dan nasional. "Maksud potensi pariwisata disini bukan hanya pada pagelaran akbar seperti penyelenggaraan Asian Games 2018, SEA Games 2011, Piala Dunia U-17 2023, maupun Piala Dunia Basket 2023 melainkan kegiatan olahraga lain yang dilakukan secara rutin per tahun. Mulai dari Gran Prix MotoGP, Indonesia Open, Bali Marathon, Tour de Singkarak, World Surf League, dan lainnya," kata Kang Asep panggilan akrabnya dalam keterangan persnya, Sabtu ((16/3/2024).



Indonesia Harusnya Contek Pengembangan Olahraga di Korea Selatan dan Thailand


Kang Asep menuturkan Indonesia seharusnya mengembangkan konsep sport tourism atau penyelenggaraan kegiatan olahraga yang dipadukan dengan promosi pariwisata. Menurutnya pengembangan sport tourism wajib dilakukan.

"Upaya mengembangkan sport tourism sebenarnya telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Pada tahun 2023, pelaksanaan MotoGP di Mandalika berhasil menyumbang perekonomian sebesar Rp4,5 triliyun," katanya.

Termasuk, lanjut Kang Asep, nilai fantastis tentunya untuk sebuah pagelaran yang tidak memakan waktu lama. Begitupula dengan pelaksanaan Piala Dunia U-17 yang diduga terjadi perputaran uang sebesar RP1,02 triliun.


Meski demikian, ia mengkritik pengembangan sport tourism di Indonesia saat ini. Menurutnya, dengan dibawahi oleh tiga kementerian menyulitkan panitia pelaksana untuk mengurus semua keperluan.

"Sayangnya siapakah wakil pemerintah yang menjadi pemimpin dalam isu ini belumlah jelas dan bersifat sectoral. Untuk persoalan pariwisata akan diberikan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sedangkan hal-hal yang menyangkut olahraga diserahkan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)