Aturan Terbaru! Tes Potensi Akademik Dihapus di UTBK SNBT 2024 Diganti Tes Skolastik

Sabtu, 16 Maret 2024 - 11:22 WIB
loading...
Aturan Terbaru! Tes Potensi Akademik Dihapus di UTBK SNBT 2024 Diganti Tes Skolastik
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Risetk dan Teknologi (Kemendibudristek) memutuskan menghapus Tes Potensi Akademik (TPA) dan menggantinya dengan Tes Potensi Skolastik. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Tes Potensi Akademik (TPA) akan dihapus di UTBK- SNBT 2024 dan diganti dengan Tes Skolastik. Aturan baru mengenai Tes Skolastik sebagai pengganti TPA itu baru-baru ini diumumkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Info lebih lengkap tentang hal ini akan dibahas artikel kali ini, simak ya!

Penghapusan TPA di UTBK-SNBT 2024


Pada Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 tidak akan ada materi tes potensi akademik (TPA). Oleh Kemdikbudristek, tes potensi akademik (TPA) akan dihapuskan pada UTBK SNBT 2024.

Meski TPA dihapuskan, namun Kemdibudristek memberikan pengganti yang harus dihadapi oleh murid. "Ini sudah sangat di pahami bahwa tesnya sudah tidak ada lagi tes potensi akademik, (diganti) menjadi tes potensi skolastik," kata
Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kemendikbud Ristek, Rahmawati dalam keterangan resminya, Kamis (14/3/2024).

Tes Potensi Skolastik dan Jenis Soalnya


TPS adalah tes yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan kognitif, yang mencakup penalaran umum dan pemahaman. Pada UTBK-SNBT, TPS terbagi menjadi empat subtes, di antaranya:

1. Kemampuan penalaran umum


Ada tiga jenis soal TPS UTBK Penalaran Umum UTBK, yaitu:

a. Kesesuaian pernyataan, dimana kita harus memahami isi tabel/ teks/ grafik/ diagram sesuai dengan konteks pada teks

b. Simpulan logis, dimana kita harus membuat kesimpulan logis akan sesuatu yang akan mungkin terjadi berdasarkan teks

c. Penalaran analitik, dimana kita harus menganalisisdan menjawab soal berdasar pada data yang telah disediakan.

2. Kemampuan kuantitatif

Ada empat jenis soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif, yaitu:

a. Pilihan gandauntuk soal logika dasar atau Matematika level dasar

b. Pertanyaan dengan informasi pilihan (1), (2), (3), dan (4)

c. Pertanyaan dengan dua informasi, dimana kita harus menganalisis informasi (analisis kecukupan data) yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan

d. Analisis perbandingan dua nilai, berupasuatu informasi dengan dua variabel dimana kita harus menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut (kita harus mencari nilai salah satu variabel berdasarkan variabel yang lainnya dan informasi yang diberikan).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2742 seconds (0.1#10.140)