Siapa Joshua Schulte? Teknisi CIA yang Menciptakan Serangan Pearl Harbor Digital

Sabtu, 03 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
Siapa Joshua Schulte? Teknisi CIA yang Menciptakan Serangan Pearl Harbor Digital
Joshua Schulte sebagai mantan teknisi CIA yang divonis 40 tahun penjara dan menciptakan Pearl Harbor DIgital. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Seorang teknisi perangkat lunak CIA , Joshua Schulte, 35, telah dijatuhi hukuman 40 tahun penjara karena membocorkan informasi rahasia dan memiliki materi pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Schulte dinyatakan bersalah pada tahun 2022 atas empat dakwaan masing-masing spionase dan peretasan komputer dan satu dakwaan berbohong kepada agen FBI setelah menyerahkan materi rahasia ke organisasi pelapor pelanggaran WikiLeaks.

Schulte juga dihukum karena penghinaan terhadap pengadilan dan membuat pernyataan palsu pada tahun 2020, serta kepemilikan materi pelecehan anak tahun lalu.

Siapa Joshua Schulte? Teknisi CIA yang Menciptakan Serangan Pearl Harbor Digital

1. Membocorkan Vault 7 tentang Kegiatan Spionase CIA di Luar Negeri

Melansir Al Jazeera, sebagian besar hukuman yang diumumkan dijatuhkan atas apa yang disebut kebocoran Vault 7, yang mengungkapkan rincian memalukan mengenai kegiatan mata-mata CIA di luar negeri.

Kebocoran tersebut, yang oleh CIA disebut sebagai “Serangan Pearl Harbor Digital”, menunjukkan bagaimana mata-mata AS meretas ponsel pintar Apple dan Android dan berusaha mengubah televisi yang terhubung ke internet menjadi perangkat pendengar.

Pelanggaran keamanan ini mendorong para pejabat AS untuk merencanakan “perang habis-habisan” melawan Wikileaks, termasuk membahas kemungkinan penculikan atau pembunuhan pendirinya Julian Assange.

Assange didakwa atas tuduhan spionase pada tahun 2019 – sebuah tindakan yang memicu kecaman dari organisasi kebebasan pers – dan saat ini berada di Inggris untuk memperjuangkan ekstradisi ke AS.

Hakim Jesse M Furman mengatakan tingkat kerusakan yang disebabkan oleh Schulte kemungkinan besar tidak akan pernah diketahui “tapi saya yakin kerusakannya sangat besar”.

Furman mengatakan Schulte juga terus melakukan kejahatan selama di penjara dengan mencoba membocorkan lebih banyak materi rahasia dan dengan membuat file tersembunyi di komputernya yang berisi gambar pelecehan seksual terhadap anak-anak.


2. Merusak Sistem Keamanan Nasional AS

Jaksa AS Damian Williams mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Schulte telah melakukan beberapa “kejahatan spionase yang paling berani dan keji dalam sejarah Amerika”.

“Dia menyebabkan kerusakan yang tak terkira pada keamanan nasional kita dalam usahanya membalas dendam terhadap CIA atas respons mereka terhadap pelanggaran keamanan yang dilakukan Schulte saat bekerja di sana,” kata Williams.

3. Mengaku Disiksa di Penjara

Berbicara di pengadilan sebelum hukumannya, Schulte mengeluhkan kondisi keras yang dia alami di tahanan, termasuk tidak diberi air panas dan terus-menerus terkena kebisingan dan cahaya buatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)