Apakah Timnas Indonesia Pernah Lolos dari Fase Grup Piala Asia?

Senin, 22 Januari 2024 - 12:07 WIB
loading...
Apakah Timnas Indonesia Pernah Lolos dari Fase Grup Piala Asia?
Apakah Timnas Indonesia Pernah Lolos dari Fase Grup Piala Asia?
A A A
Apakah Timnas Indonesia pernah lolos dari babak penyisihan Grup Piala Asia? Pertanyaan tersebut akan diulas jawabannya di artikel ini.

Saat ini Timnas Indonesia sedang berjuang di Piala Asia 2023 Qatar. Sampai berita ini dibuat, anak asuh Shin Tae-yong masih berpeluang lolos dari babak penyisihan grup ke babak 16 besar.

Namun, apakah Timnas Indonesia pernah lolos dari babak penyisihan grup ke babak yang disebut knock-out atau sistem gugur di turnamen Piala Asia?

Perlu kita ketahui, Timnas Indonesia sudah empat kali berlaga di ajang Piala Asia . Dalam sejarahnya, skuad Merah Putih lolos ke babak utama melalui berbagai skenario yakni memenangi kualifikasi maupun lolos otomatis sebagai tuan rumah.

Pertama kali Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia yakni pada tahun 1996 tepatnya ketika Lebanon menjadi tuan rumah. Pada saat itu, skuad Merah Putih gagal lolos dari fase grup karena cuma finis di posisi buncit dengan dua kekalahan dan sekali imbang.

Di kesempatan kedua, Piala Asia 2000, Timnas Indonesia kembali finis di posisi buncit. Skuad Garuda bahkan gagal mencetak satu pun gol, dan kebobolan 7, sebelum akhirnya tersingkir dari turnamen. Merah Putih kala itu gagal bersaing dengan China, Kuwait, dan Korea Selatan di Grup B.

Pada kesempatan ketiga tampil, di Piala Asia 2004, Timnas Indonesia akhirnya mencetak kemenangan perdana. Merah Putih berhasil mengalahkan Qatar 2-1, tetapi tetap gagal melangkah ke babak 16 besar. Skuad Garuda saat itu finis di posisi ketiga, dengan di posisi 3 klasemen Grup A di bawah China dan Bahrain.

Kesempatan keempat datang di Piala Asia 2007. Berstatus sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia otomatis bermain di babak utama. Namun, skuad Garuda kembali tersingkir dari turnamen tanpa pernah merasakan lolos dari fase grup. Tergabung di Grup D bersama Arab Saudi, Korea Selatan, dan Bahrain, Timnas Indonesia finis di posisi ketiga dengan sekali kemenangan dan 2 kekalahan.

Tahun ini, Timnas Indonesia untuk kali kelima tampil di Piala Asia. Tim yang dikapteni Asnawi Mangkualam saat ini masih berpeluang lolos ke babak 16 besar, dan dapat mengukir sejarah untuk kali pertama lolos dari fase grup apabila mampu finis sebagai runner up Grup D atau menjadi satu dari empat tim teratas di klasemen peringkat 3 terbaik.

SINDOnews pernah mengulas 3 skenario Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Baca artikelnya di tautan di bawah ini:

3 Skenario Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023: Berharap Keajaiban!

(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)