5 Kegagalan Israel dalam Perang Gaza versi New York Times

Minggu, 21 Januari 2024 - 19:19 WIB
loading...
5 Kegagalan Israel dalam Perang Gaza versi New York Times
Tentara Israel kalah dalam perang melawan pejuang Hamas di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Menurut New York Times, kegagalan Israel lebih buruk dari perkiraan. Militer Israel dengan cepat menyangkal klaim yang dibuat oleh New York Times pada Sabtu (20/1/2024), dengan menyatakan, berdasarkan penilaian Israel sendiri, bahwa kegagalan Israel di Gaza, pada dasarnya, lebih buruk dari yang diperkirakan.

"Komando tinggi militer Israel telah menimbulkan keraguan mengenai kelayakan sasaran Israel di Gaza, mengingat “kemajuan Israel yang terbatas dalam membubarkan Hamas,” demikian laporan New York Times.

“Israel telah menguasai sebagian kecil wilayah Gaza pada titik perang ini dibandingkan dengan yang direncanakan dalam rencana pertempuran sejak awal invasi, yang ditinjau oleh The New York Times,” kata laporan itu.

5 Kegagalan Israel dalam Perang Gaza pada Awal 2024 versi New York Times

1. Dilema Tahanan vs Perang

5 Kegagalan Israel dalam Perang Gaza versi New York Times

Foto/Reuters

Lambatnya operasi tersebut dilaporkan “menyebabkan beberapa komandan (Israel) secara pribadi mengungkapkan rasa frustrasi mereka atas strategi pemerintah sipil di Gaza”.

Menurut laporan tersebut, banyak anggota militer Israel kini mempertimbangkan kemungkinan untuk memprioritaskan pembebasan tawanan Israel yang ditahan di Gaza oleh Gerakan Perlawanan Palestina Hamas dengan tujuan besar untuk menghancurkan Perlawanan Palestina.

“Tujuan ganda untuk membebaskan para sandera dan menghancurkan Hamas kini tidak sejalan,” menurut wawancara dengan empat “pemimpin militer senior”, yang berbicara kepada NYT tanpa menyebut nama.

Pandangan ini diungkapkan secara terbuka oleh Gadi Eisenkot, mantan kepala staf militer Israel dan anggota kabinet perang, yang mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Channel 12 Israel bahwa pembebasan para tawanan tidak dapat dilakukan melalui operasi militer.

“Bagi saya, tidak ada dilema. Misinya adalah menyelamatkan warga sipil, sebelum membunuh musuh,” kata Eisenkot.

“Menurut tiga komandan yang diwawancarai oleh The Times, jalur diplomatik akan menjadi cara tercepat untuk memulangkan warga Israel,” lapor NYT. Ia menambahkan bahwa infrastruktur Hamas “lebih canggih daripada yang diperkirakan sebelumnya oleh para perwira intelijen Israel.”


2. Terowongan yang Tidak Mungkin

5 Kegagalan Israel dalam Perang Gaza versi New York Times

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)