Nomor Ijazah Nasional Tangkal Upaya Pemalsuan Kelulusan

Senin, 07 Mei 2018 - 03:11 WIB
Nomor Ijazah Nasional Tangkal Upaya Pemalsuan Kelulusan
Nomor Ijazah Nasional Tangkal Upaya Pemalsuan Kelulusan
A A A
JAKARTA - Nomor ijazah nasional mulai diterapkan pada mahasiswa yang lulus tahun ini. Salah satunya dilakukan Universitas Trisakti. Dengan nomor ijazah nasional, siapa pun akan mudah mengecek keaslian dari ijazah seseorang. Jadi, oknum mana pun bakal kesulitan untuk membuat ijazah palsu.

Melalui nomor ijazah nasional, perusahaan pengguna jasa alumni Universitas Trisakti juga tak perlu repot lagi mengecek keaslian surat kelulusan ke kampus. Semua bisa dicek secara cepat dan terpercaya melalui website Kemenristekdikti.

"Kami menjadi universitas swasta pertama yang menggunakan nomor ijazah nasional untuk lulusannya," kata Pjs Rektor Universitas Trisakti Ali Ghufron Mukti, seusai mewisuda mahasiswa program doktor, magister, spesialis, profesi, sarjana, dan diploma di Jakarta, Minggu (6/5/2018).

Wakil Rektor I Universitas Trisakti Asri Nugrahanti menambahkan, nomor ijazah nasional sudah mencakup data-data mahasiswa selama di kampus. "Mulai dari kapan mahasiswa masuk, berapa mata kuliah atau SKS yang sudah ditempuh, dan lain sebagainya," kata Asri.

Sekadar informasi, Universitas Trisakti kemarin mewisuda 2.158 lulusan yaitu S3 sebanyak 40 orang, S2 (436), Profesi (37), S1 (1.429), D4. (81), D3 (135). "Dengan demikian, sampai saat ini dari sembilan fakultas dan 47 program studi seluruh alumni Universitas Trisakti berjumlah 119.079 orang," kata Ketua Senat Universitas Trisakti HA Prayitno.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3158 seconds (0.1#10.140)