5 Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif, Apa Saja?

Jum'at, 19 Januari 2024 - 19:41 WIB
loading...
5 Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif, Apa Saja?
Setidaknya ada lima kandungan skincare yang paling populer dan banyak digunakan untuk mengatasi kulit sensitif dan pertumbuhan jerawat. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Banyak yang penasaran, apa saja kandungan skincare untuk kulit sensitif yang ampuh dan efektif menghilangkan jerawat serta tanda-tanda penuaan di wajah.

Setidaknya ada lima kandungan skincare yang paling populer dan banyak digunakan untuk mengatasi kulit sensitif dan pertumbuhan jerawat. Kandungan tersebut sekaligus melembabkan dan membersihkan kulit wajah dari kotoran yang menyumbat pori-pori. Sehingga, wajah semakin glowing dan muda berseri.

Lantas, apa saja kandungan skincare untuk kulit sensitif yang paling banyak digunakan?


Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif

1. Glycerin

Glycerin diklaim dapat mencegah munculnya jerawat serta menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Kandungan ini juga berfungsi untuk melembabkan sehingga tidak membuat kulit kering yang dapat menimbulkan masalah lain pada wajah.

Selain itu, gliserin bebas minyak yang berarti tidak menimbulkan sumbatan pada pori-pori. Faktanya, pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat. Maka dari itu, gliserin sangat cocok untuk digunakan seseorang yang memiliki kulit berminyak sehingga jerawat benar-benar teratasi tanpa adanya efek samping.

2. Ceramide

Ceramide dapat membantu kulit tetap lembab sehingga jerawat tidak semakin memburuk dan iritasi. Ini menjadi salah satu kandungan nutrisi skincare yang sangat aman bagi kulit. Namun, Anda bisa mencoba untuk melakukan tes efek samping pada kandungan ini.

Caranya, oleskan skincare dengan kandungan ceramide pada bagian lengan bawah dan tunggu selama 24 jam. Jika pada bagian lengan yang digunakan kandungan ini mengalami gatal, iritasi, kemerahan, sebaiknya segera bersihkan dan hindari pemakaian ceramide. Namun, jika tidak muncul tanda-tanda iritasi atau kemerahan, artinya kandungan ini aman untuk digunakan.

3. Salicylic Acid

Salicylic Acid atau Asam Salisilat adalah asam beta hidroksi yang mampu menjaga pori-pori tetap bersih, mengatasi komedo, membantu kulit melepaskan sel-sel mati dari lapisan atas, dan juga membantu menekan produksi minyak berlebih.

Namun, perlu diketahui juga asam salisilat ini bersifat iritan. So, hentikan penggunaan apabila terjadi efek samping seperti ruam, gatal, bengkak, dan kemerahan. Dosis yang aman untuk asam salisilat menurut FDA (Food and Drug Administration) berkisar 0,5 persen–2,0 persen.


4. Niacinamide

Jerawat yang meradang terkadang menyebabkan jaringan parut pada kulit saat jerawat pulih. Niacinamide bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat dan membuat jerawat pulih tanpa muncul bekas jerawat, karena memiliki sifat anti inflamasi.

Bahkan, penggunaan niacinamide yang tepat dapat membantu Anda memperbaiki tekstur kulit yang mulai rusak akibat jerawat. Niacinamide juga berfungsi untuk menurunkan kadar minyak pada kulit sehingga jerawat dapat dikendalikan dengan baik.

5. Centella Asiatica

Kandungan nutrisi skincare ini sudah lama digunakan untuk perawatan kulit yang berjerawat. Centella asiatica memiliki beberapa kandungan yang dinilai efektif mengatasi masalah jerawat, seperti mengurangi peradangan pada jerawat, serta mampu menenangkan kulit yang kemerahan akibat jerawat.

Itulah lima kandungan skincare untuk kulit sensitif. Dapatkan berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit lengkap di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lain dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips, dan review produk kebutuhanmu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)