Platform Penopang UMKM di Indonesia, Topindoku Bersiap Menuju Bursa

Kamis, 18 Januari 2024 - 12:10 WIB
loading...
Platform Penopang UMKM di Indonesia, Topindoku Bersiap Menuju Bursa
TOSK pada tahun ini berencana untuk melakukan Penawaran Umum Saham Perdana atau IPO, dan saat ini telah resmi memulai masa penawaran awal. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Sejalan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas menyediakan layanan sekuritas lengkap, termasuk membantu dan mendampingi klien dalam pendanaan pasar modal, misalnya melalui Initial Public Offering (IPO).

PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK), adalah perusahaan start up yang berdiri pada tahun 2018. Perseroan memiliki satu platform yaitu Topindoku, yang melayani penjualan Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer (B2C). Melalui platform Topindoku, Perseroan menawarkan produk virtual seperti pulsa, paket data, token, voucher game, tiket perjalanan, pembayaran tagihan, retail, dan lain-lain.

Target pelanggan utama Perseroan adalah para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) seperti warung-warung dan kedai-kedai yang menjadi mitra dari Perseroan. Untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia, platform Topindoku menawarkan layanan berkualitas tinggi. Perseroan memberdayakan dan mendorong pelaku usaha UMKM di pasar tradisional agar bisnis mereka dapat bersaing di era pasar modern, sehingga dapat meningkatkan dan menghasilkan kehidupan yang lebih baik.



Di tahun 2023, platform Topindoku tercatat memiliki lebih dari 995.000 downloader di Playstore, 23.500 downloader di App Store, dan memiliki 25 Gerai, serta 66 Top Up Point (TUP). Saat ini, Perseroan berdomisili di Kota Singkawang dan jaringan operasi mayoritas tersebar di wilayah Kalimantan. Melalui Penawaran Umum Perdana Saham ini, Perseroan berencana melebarkan sayapnya hingga luar Kalimantan.

Seiko Manito, founder sekaligus CEO Perseroan, mengatakan bahwa kesuksesan TOSK tidak diraih dalam satu malam, namun merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen selama puluhan tahun untuk memberdayakan dan mendorong pelaku usaha UMKM. Seiko menambahkan bahwa kemampuan TOSK dalam mempertahankan profitabilitasnya menunjukkan kemampuan untuk menerapkan strategi usaha yang optimal dan operasional yang efisien.

Ekspansi Luar Kalimantan & Melantai di Bursa

Setelah cukup diakui dan mampu menguasai pasar di wilayah Kalimantan, Perseroan berencana untuk mengembangkan bisnis segmen produk digitalnya dengan melakukan penetrasi di wilayah luar Kalimantan.

Sebagai salah satu langkah nyata guna mendukung ekspansi tersebut, TOSK pada tahun ini berencana untuk melakukan Penawaran Umum Saham Perdana atau IPO, dan saat ini telah resmi memulai masa penawaran awal (book building) sejak tanggal 15 Januari 2024 sampai dengan tanggal 19 Januari 2024.

Berdasarkan informasi yang tertuang dalam Prospektus Awal, Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 875 juta Saham Baru atau setara dengan 20% dari modal disetor setelah IPO yang ditawarkan pada rentang harga Rp115 – Rp125 per saham, dengan target dana yang terkumpul sebanyak-banyaknya Rp109,37 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)