Mengapa Amerika Serikat Selalu Keroyokan dalam Menyerang Musuh? Terbaru di Yaman

Sabtu, 13 Januari 2024 - 09:30 WIB
loading...
Mengapa Amerika Serikat Selalu Keroyokan dalam Menyerang Musuh? Terbaru di Yaman
Jet tempur terbang dari kapal induk AS yang terlibat dalam serangan di Yaman. Foto/USCC/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) seringkali menggunakan strategi serangan kolektif atau yang dikenal sebagai "keroyokan" dalam operasi militer mereka terhadap musuh.

Salah satu contoh terbaru dari pendekatan ini terlihat dalam serangan militer AS di Yaman yang melibatkan 10 negara.

Gedung Putih menyebut pernyataan bersama dari pemerintah Australia, Bahrain, Kanada, Denmark, Jerman, Belanda, Selandia Baru, Korea Selatan (Korsel), Inggris, dan Amerika Serikat yang mengatakan mereka “tidak akan ragu untuk membela nyawa dan melindungi arus bebas perdagangan di salah satu jalur perairan paling kritis di dunia”.

“Menanggapi berlanjutnya serangan Houthi yang ilegal, berbahaya, dan mengganggu stabilitas terhadap kapal-kapal, termasuk pelayaran komersial, yang transit di Laut Merah, angkatan bersenjata Amerika Serikat dan Inggris, dengan dukungan dari Belanda, Kanada, Bahrain, dan Australia, melakukan serangan gabungan sesuai dengan hak yang melekat pada pertahanan diri individu dan kolektif, sesuai dengan Piagam PBB, terhadap sejumlah sasaran di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi,” ungkap pernyataan Gedung Putih.

Lantas mengapa Amerika Serikat cenderung mengadopsi strategi keroyokan dalam serangan militer mereka dan bagaimana hal ini tercermin dalam konflik terbaru di Yaman?

Keuntungan Strategi Keroyokan

1. Eksploitasi Kelebihan Sekutu


Amerika Serikat cenderung mengadopsi strategi keroyokan karena mereka menghargai pentingnya kerjasama dengan sekutu-sekutu kunci.

Dengan melibatkan negara-negara lain, AS dapat memobilisasi sumber daya yang lebih besar, termasuk personel militer, teknologi, dan intelijen.

AS jelas ingin mengeksploitasi berbagai kelebihan yang dimiliki negara-negara sekutu untuk mendukung kepentingannya sendiri atau kepentingan bersama sekutu.

2. Memanfaatkan Keahlian Kolektif


Setiap negara atau kelompok sekutu membawa keahlian dan kapabilitas unik mereka sendiri ke dalam konflik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0772 seconds (0.1#10.140)