Kisah Mpu Kumbhayoni Kerahkan Kekuatan Magis Rebut Takhta Kerajaan Mataram

Sabtu, 13 Januari 2024 - 07:22 WIB
loading...
Kisah Mpu Kumbhayoni Kerahkan Kekuatan Magis Rebut Takhta Kerajaan Mataram
Sri Maharaja Rakai Pikatan Mpu Manuku adalah raja Kerajaan Mataram Kuno yang memerintah tahun 840 – 856. Foto/Istimewa
A A A
Upaya magis pernah ditempuh Mpu Kumbhayoni ketika terlibat pertempuran dengan Rakai Pikatan dalam perebutan tahta Mataram . Saat itu Mpu Kumbhayoni yang memiliki nama lain Rakai Walaing Mpu Kumbhayoni ini berusaha merebut kekuasaan.

Mpu Kumbhayoni berusaha merebut tahta Mataram dari Rakai Pikatan. Pasalnya Rakai Walaing Mpu Kumbhayoni menganggap dia lebih layak menjabat sebagai raja, karena merupakan cicit adik laki-laki Sanjaya.

Meski pada akhirnya Rakai Pikatan akhirnya bertahta di Kerajaan Mataram, itu berkat perkawinannya dengan Pramodhawardani, yang juga putri mahkota Raja Samaratungga, menganut agama Buddha.



Perang perebutan tahta pun terjadi antara Rakai Pikatan melawan Rakai Walaing.

Menurut prasasti Siwagerha berlangsung sampai satu tahun. Anak bungsu Rakai Pikatan, yaitu Rakai Kayuwangi Pu /dyah Lokapala, sebagai pemimpin pasukan yang gagah berani berhasil memukul mundur Rakai Walaing

Rakai Walaing pun mengungsi ke atas Bukit Ratu Baka dan membuat benteng pertahanan di sana, sebagaimana dikutip dari “Sejarah Nasional Indonesia II: Zaman Kuno”.

Oleh karena strategisnya lokasi ini, Rakai Kayuwangi mengalami kesulitan untuk menggempurnya, sehingga Rakai Walaing sempat mendirikan berbagai bangunan, untuk lingga bagi Siwa dalam berbagai aspeknya.



Akhirnya Rakai Kayuwangi berhasil juga menggempur benteng pertahanan di bukit Ratu Baka itu. Prasasti yang memuat silsilah Rakai Walaing pu Kumbhayoni itu sengaja dirusak, dengan menghilangkan nama-nama ayah, kakek, dan buyutnya.

Dengan berhasilnya Rakai Kayuwangi memukul mundur Rakai Walaing, dialah yang dinobatkan menjadi raja menggantikan ayahnya, Rakai Pikatan, dan bukan kakaknya, putri mahkota Rakai Gurunwangi dyah Saladu.

Hal ini tentu akan menimbulkan kericuhan pula seperti yang diuraikan lebih lanjut. Seperti telah disebutkan, Rakai Kayuwangi atau Dyah Lokapala dinobatkan menjadi raja pada tahun 856 M. Ia bertahta di Medang yang terletak di Mamratipura.

Keterangan di dalam prasasti Siwagerha ini membayangkan bahwa keraton Medang dipindahkan ke Mamratipura, mungkin karena Rakai Walaing Mpu Kumbhayoni suatu ketika berhasil menyerbu ke dalam Kota Medang yang lama, yang sayang sekali tidak diketahui lokasinya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)