10 Negara Timur Tengah yang Terseret Perang Israel dan Hamas

Senin, 01 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
10 Negara Timur Tengah yang Terseret Perang Israel dan Hamas
Banyak negara Timur Tengah terseret dalam Perang Israel melawan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perang di Gaza, dengan segala maksud dan tujuannya, telah mengembalikan kembali pentingnya isu Palestina dalam politik regional dan internasional di Timur Tengah. Baik jumlah korban tewas maupun bencana kemanusiaan yang terjadi menjadikan konflik tahun 2023 sebagai pecahnya pertempuran paling serius di arena Israel-Palestina selama beberapa dekade.

Skala serangan Hamas terhadap Israel dan pembunuhan warga sipil pada tanggal 7 Oktober telah secara mendasar mengubah wacana di Israel mengenai isu-isu Palestina yang mungkin akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang. Kekhawatiran muncul atas kemungkinan perpindahan besar-besaran warga Palestina dari Gaza ke Semenanjung Sinai Mesir dan peningkatan signifikan kekerasan terhadap masyarakat di Tepi Barat yang diduduki.

Meskipun konflik ini terutama terjadi di wilayah pendudukan Palestina dan pertempuran taktis di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon—dan (sejauh ini) belum mencapai dimensi regional—perang tersebut telah berdampak pada hubungan yang lebih luas seperti hubungan antara Israel dan Lebanon. negara-negara Teluk dan Israel.

10 Negara Timur Tengah yang Terseret Perang Israel dan Hamas

1. Mesir

10 Negara Timur Tengah yang Terseret Perang Israel dan Hamas

Foto/Reuters

Mesir berbatasan dengan Jalur Gaza dan berperan dalam memediasi pembicaraan antara Israel dan faksi-faksi Palestina. Mesir secara historis terlibat dalam upaya menengahi gencatan senjata dan meningkatkan stabilitas di kawasan.

Melansir Guardian, Mesir, yang berbatasan dengan Israel dan Gaza, telah lama memiliki hubungan yang rumit dengan Hamas, salah satunya karena Hamas merupakan cabang dari Ikhwanul Muslimin. Meskipun Kairo menandatangani perjanjian perdamaian formal dengan Israel pada tahun 1978 di Camp David, masyarakat Mesir cenderung lebih pro-Palestina dibandingkan rezim-rezim Mesir berturut-turut – kecuali pemerintahan singkat yang dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin yang digulingkan pada tahun 2013.

Kairo telah bertindak sebagai lawan bicara antara Hamas dan Israel pada saat konflik, Mesir telah lama khawatir tentang keinginan beberapa orang di pihak Israel agar Mesir mengambil tanggung jawab atas Gaza, merujuk pada pemerintahan Mesir di jalur pantai dari tahun 1948-67 .

2. Qatar

10 Negara Timur Tengah yang Terseret Perang Israel dan Hamas

Foto/Reuters

Qatar telah memberikan bantuan keuangan ke wilayah Palestina dan terlibat dalam upaya diplomatik untuk mengatasi konflik Israel-Palestina. Mereka juga berkontribusi pada proyek kemanusiaan di Gaza.

Para pejabat Qatar mendapati diri mereka berada dalam posisi yang sangat berbeda, apalagi menjadi pusat perhatian media, karena Doha telah menjadi pusat perundingan diplomatik untuk menjamin pembebasan lebih dari 200 sandera yang disandera oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober.

Pasal 7 konstitusi Qatar tahun 2003 menempatkan 'penyelesaian perselisihan internasional' sebagai inti kebijakan luar negeri negara tersebut, dan selama dua dekade para pejabat Qatar telah berperan sebagai perantara yang menghubungkan pihak-pihak yang tidak dapat atau tidak akan terlibat secara langsung.

Peran Qatar sangat penting dalam perjanjian gencatan senjata terbaru antara Israel dan Hamas yang menyatakan bahwa tahanan Israel dan Palestina akan dibebaskan dan gencatan senjata selama empat hari akan mulai berlaku. Mediasi Qatar menonjol dalam tanggapannya terhadap perang Israel selama 50 hari di Gaza pada musim panas 2014 ketika diplomat Qatar terlibat secara ekstensif dengan pejabat AS, Turki, dan Hamas selama konflik tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)