6 Negara yang Menolak Embargo Minyak ke Israel

Rabu, 27 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
6 Negara yang Menolak Embargo Minyak ke Israel
Banyak negara Arab menolak seruan Iran untuk mengembargo minyak ke Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian pernah meminta anggota OKI untuk memberlakukan embargo minyak dan sanksi lainnya terhadap Israel dan mengusir semua duta besar Israel . Tapi, banyak negara menolaknya.

Padahal, empat sumber dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang memproduksi sepertiga minyak dunia dan mencakup beberapa negara Muslim termasuk Iran, mengatakan bahwa tidak ada tindakan segera atau pertemuan darurat yang direncanakan oleh kelompok tersebut sehubungan dengan komentar Iran.

Pada tahun 1973, produsen Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi menerapkan embargo minyak terhadap pendukung Israel di Barat dalam perangnya dengan Mesir, yang menargetkan Kanada, Jepang, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat. Akibatnya, harga minyak melonjak, namun dalam jangka panjang krisis ini menyebabkan berkembangnya provinsi-provinsi minyak baru di luar Timur Tengah seperti Laut Utara dan aset perairan dalam, serta mendorong energi alternatif.

6 Negara yang Menolak Embargo Minyak ke Israel

1. Mesir

6 Negara yang Menolak Embargo Minyak ke Israel

Foto/Reuters

Mesir dengan cepat menjadi titik awal diplomasi dalam krisis Israel-Gaza. Mengapa Mesir dan mengapa sekarang? Geografi dan politik. Itu menjadi alasan kenapa Mesir menolak embargo minyak terhadap Israel.

Dengan Mesir yang tiba-tiba menjadi pusat diplomasi internasional mengenai krisis Israel-Gaza, saya ingin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang beberapa pertimbangan politik, diplomatik, dan domestik yang mendorong pengambilan keputusan Presiden Abdel Fatah El-Sisi dan pemerintahannya saat ini.


2. Qatar

6 Negara yang Menolak Embargo Minyak ke Israel

Foto/Reuters

Qatar merupakan sekutu AS yang menjadi tuan rumah pangkalan militer besar AS, juga menjadi tuan rumah biro politik Hamas dan juga merupakan kediaman utama pemimpinnya yang mengasingkan diri, Ismail Haniyeh, serta mantan pemimpinnya Khaled Mashaal. Negara ini adalah salah satu pendukung utama Hamas, yang menyumbangkan ratusan juta dolar kepada kelompok teror tersebut setiap tahunnya.

Karena hubungan dekat mereka, monarki Teluk yang kaya ini telah bertindak sebagai saluran komunikasi dengan Hamas dan memainkan peran penting dalam negosiasi untuk membebaskan setidaknya 220 sandera yang saat ini ditahan oleh teroris di Jalur Gaza setelah serangan mematikan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.400 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil.

Dalam kekerasan yang terjadi di masa lalu, Qatar juga berperan dalam menengahi gencatan senjata antara Israel dan kelompok teror Gaza. Itulah yang menyebabkan Qatar menolak embargo minyak ke Israel.

3. Bahrain

6 Negara yang Menolak Embargo Minyak ke Israel

Foto/Reuters

Bahrain menjadi negara Arab ketiga yang setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, menyusul perjanjian damai Israel dengan Mesir tahun 1979 dan perjanjian tahun 1994 dengan Yordania. Itu menjadikan Bahrain menolak embargo minyak terhadap Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)