Tertarik Kuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan? Ini Deretan Peluang Kerjanya

Selasa, 26 Desember 2023 - 13:01 WIB
loading...
Tertarik Kuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan? Ini Deretan Peluang Kerjanya
Ekonomi pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang khusus mengkaji persoalan-persoalan pembangunan baik itu dari sektor bisnis, keuangan, ataupun perbankan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan yang perlu diketahui. Jika kamu tertarik dunia ekonomi dan ingin kerja di dunia perbankan atau lembaga keuangan, maka bisa mengambil program studi (Prodi) atau Jurusan Ekonomi.

Jurusan ekonomi sendiri juga menawarkan banyak prodi, salah satunya jurusan ekonomi pembangunan. Secara spesifik, ekonomi pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu Ekonomi yang khusus mengkaji persoalan-persoalan pembangunan baik itu dari sektor bisnis, keuangan, ataupun perbankan. Lalu lulusan jurusan ekonomi pembangunan bisa jadi apa? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

6 Peluang Karier Menjanjikan Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan


1. Perbankan/lembaga keuangan lain


Jika kamu lulus kuliah, maka lulusan Prodi Ekonomi bisa menjadi analisis kredit di perbankan atau lembaga keuangan lain.
Dengan tugas pokok melakukan studi kelayakan baik secara ekonomi & finansial terhadap usulan kredit investasi.

2. Lembaga ekonomi/keuangan


Para Sarjana Ekonomi nantinya bisa menjadi ekonom yang tugas pokoknya ialah melakukan kajian terkait: evaluasi & prospek perekonomian pasar permintaan penawaran


3. Pemerintah pusat/daerah


Khususnya di bidang perencanaan pembangunan ekonomi, lulusan Sarjana Ekonomi bisa kerja di:

a. Kemenko Perekokomian

b. Bappenas

c. Bappeda

d. Biro Perekonomian baik di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota

Nantinya, alumni Jurusan/Prodi Ekonomi Pembangunan menjadi perencana pembangunan ekonomi. Tugas lain adalah melakukan proyeksi pertumbuhan ekonomi. Atau bisa pula merekomendasikan kebijakan & strategi penurunan kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masyarakat.

4. Perusahaan swasta


Untuk bekerja di perusahaan swasta, para lulusan prodi ini dapat melalui management trainee bagi perusahaan besar dan skala menengah. Tugasnya sebagai analis kondisi industri dan ekonomi baik regional serta ekonomi makro.

5. Peneliti


Selain itu, pekerjaan lainnya ialah menjadi peneliti di lembaga riset, pemerintah dan swasta. Tugas utamanya melakukan kajian di bidang ekonomi mikro (level industri) dan ekonomi makro.

Sebagai peneliti, tentu hasil risetnya bisa berupa rekomendasi kebijakan mengenai operasional suatu perusahaan. Dari hasil itu nantinya dapat diimplementasikan oleh perusahaan swasta dan lembaga pemerintah.

6. Wirausaha/wiraswasta


Tak hanya itu saja, lulusan Sarjana Ekonomi juga bisa menjadi wirausaha/wiraswasta. Ini karena di Prodi Manajemen juga mendapat mata kuliah:

a. Pengantar Bisnis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0831 seconds (0.1#10.140)