Deretan Makanan dan Minuman yang Sebabkan Bau Urin Menyengat Tidak Sedap

Senin, 25 Desember 2023 - 12:21 WIB
loading...
Deretan Makanan dan Minuman yang Sebabkan Bau Urin Menyengat Tidak Sedap
Jika urin Anda mulai berbau aneh, itu mungkin sementara karena makanan tertentu yang akan Anda konsumsi. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Buang air kecil beberapa kali dalam sehari dengan warna urin bening hingga kuning pucat adalah hal yang wajar dan menandakan tubuh sehat. Bau urin juga bukan suatu gangguan masalah kesehatan.

Jika urin Anda mulai berbau aneh, itu mungkin sementara karena makanan tertentu yang akan Anda konsumsi. Sebab, urin berasal dari sisa-sisa proses pencernaan. Melalui urin, sisa pencernaan yang beracun dikeluarkan dari tubuh.

Namun, pasti akan tidak nyaman jika urin memiliki bau yang sangat menyengat. Untuk meminimalisir bau urin yang menyengat dan tidak sedap, cobalah untuk menghindari beberapa makanan dan minuman seperti berikut ini.


Kopi

Melansir laman Times of India, minum kopi secara teratur dapat menyebabkan urin berbau tidak sedap. Senyawa yang ditemukan dalam kopi dapat memberikan bau yang lebih kuat dan berbeda pada urin.

Selanjutnya, kafein pada kopi adalah diuretik. Jadi, dengan konsumsi kopi yang berlebihan, Anda bisa menghasilkan lebih banyak urin dan menjadi dehidrasi. Hal ini juga dapat menyebabkan urin terkonsentrasi dan bau yang lebih pekat.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki bahan kimia yang mengandung sulfur. Ketika kandungan tersebut masuk ke dalam tubuh, mereka dapat mencemarkan bau urin Anda. Bau ini umumnya disamakan dengan kubis busuk atau telur busuk.


Rempah-Rempah

Rempah-rempah seperti jintan, kunyit, dan ketumbar dapat menyebabkan bau urin. Itu karena bahan kimia aromatik yang memberi rempah-rempah baunya bertahan saat melewati tubuh. Bahkan setelah makanan Anda dicerna, baunya masih bisa dideteksi dalam urin Anda.

Bau urin sebenarnya tidak berkaitan dengan suatu masalah kesehatan. Namun, bau urin disertai dengan warna urin yang keruh, buang air kecil terasa sakit, serta buang air kecil lebih banyak dari biasanya, lebih baik untuk mengunjungi dokter dan melakukan pemeriksaan. Dikhawatirkan terjadi infeksi saluran kemih.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)