alexametrics

Rektor Undip Terpilih Jadi Ketua Forum Rektor Indonesia

loading...
Rektor Undip Terpilih Jadi Ketua Forum Rektor Indonesia
Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Yos Johan Utama terpilih sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) untuk masa bakti 2019-2020. Foto/SINDOnews/Taufik Budi
A+ A-
SEMARANG - Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Yos Johan Utama terpilih sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) untuk masa bakti 2019-2020. Dia terpilih dalam konferensi dan temu tahunan ke XX FRI 2018 di Universitas Hasanuddin Makassar pada 14-15 Februari 2018.

Konferensi bergengsi yang diikuti 400 rektor tersebut membahas berbagai hal berkaitan dengan persoalan-persoalan Tanah Air terkini. Di antaranya adalah tentang munculnya generasi teknologi digital 4,0 (four point o) yang menyebabkan disrupsi dalam peradaban umat manusia.

Dalam sambutannya Prof Yos menyatakan, bahwa FRI di masa mendatang harus mampu membimbing bangsa Indonesia dalam mengatasi disrupsi tersebut. Seluruh perguruan tinggi harus mengkaji dan menyesuaikan dengan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Tanpa kemampuan beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sangat mungkin perguruan tinggi akan kehilangan relevansi perannya sebagai lembaga pendidikan yang mensuplai kebutuhan SDM handal ke industri dan msyarakat luas" ujar Yos dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/2/2018).

Oleh karena itu, pihaknya sedang mempersiapkan program-program yang dapat memperkuat eksistensi peran perguruan tinggi di era digital. Selain itu, dia berharap pemerintah serius bersinergi dengan perguruan tinggi dalam menghadapi gelombang peradaban tersebut.

"Saya berharap segenap anggota FRI bersikap optimistis dalam mempersiapkan kemampuan kompetensi setiap mahasiwa peserta didik mereka agar mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan baru dunia kerja dan menjadi pemenang dalam setiap persaingan di kancah global," pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak