3 Syarat Timnas Indonesia untuk Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Senin, 11 Desember 2023 - 12:33 WIB
loading...
3 Syarat Timnas Indonesia untuk Lolos 16 Besar Piala Asia 2023
Berdasarkan undian babak awal Piala Asia 2023, timnas Indonesia tergabung dalam Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. / Foto: Instagram @timnas.indonesia
A A A
JAKARTA - Tim nasional Indonesia bakal berlaga di Piala Asia 2023. Digelar di Qatar, turnamen ini akan berlangsung mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Berdasarkan undian babak awal Piala Asia 2023 , timnas Indonesia tergabung dalam Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Di atas kertas, skuad Garuda terbilang menjadi tim yang paling tidak diunggulkan.

Kendati begitu, ada motivasi lebih dan ambisi besar yang dimiliki para penggawa timnas Indonesia bersama sang pelatih, Shin Tae-yong untuk tampil impresif di Piala Asia 2023. Selain itu, bukan hal yang mustahil juga bagi timnas Indonesia menjadi kuda hitam dan lolos ke fase 16 besar.



Lantas, bagaimanakah syarat timnas Indonesia agar bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023? Berikut beberapa di antaranya yang bisa diketahui.

Syarat Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

1. Meraih Hasil Optimal di Setiap Pertandingan


Melihat peta kekuatan Grup D Piala Asia 2023, timnas Indonesia bisa dibilang sebagai tim yang tidak diunggulkan. Bahkan, melihat peringkat FIFA yang dimiliki masing-masing kontestan di grup tersebut, Indonesia memang berada di urutan terendah.

Namun, tak perlu khawatir karena fakta tersebut hanyalah data di atas kertas. Timnas Indonesia tidak perlu berkecil hati, karena hasil sesungguhnya bakal dibuktikan di lapangan hijau.

Pada fase grup, masing-masing tim akan memainkan 3 laga. Demi menjaga asa lolos ke fase berikutnya, timnas Indonesia wajib meraih hasil optimal pada setiap laga yang dijalani.

Tak perlu gentar dengan melihat kekuatan besar lawan, Asnawi Mangkualam dkk akan lebih baik untuk berfokus pada kondisi tim sendiri. Anggap setiap pertandingan yang dijalani seakan partai penting yang harus dijalani dengan baik.

2. Kejar Target Runner-up atau Peringkat Ketiga Terbaik


Pada gelaran Piala Asia 2023, masing-masing peringkat satu dan dua dalam grup akan lolos ke babak 16 besar. Sementara sisanya, akan diambil 4 tim yang berstatus peringkat ketiga terbaik.

Sedikit dijelaskan pada poin pertama, timnas Indonesia wajib meraih hasil optimal dalam setiap laga yang dijalani di fase grup. Jika target juara grup terkesan sangat berat, mereka setidaknya bisa mengincar posisi runner-up atau peringkat ketiga terbaik.

Namun, hal tersebut tak bisa menjadi alasan untuk tidak tampil maksimal dalam setiap laga. Sekecil apa pun peluang yang hadir wajib diambil demi menjaga asa melaju ke babak selanjutnya.

3. Pemain Menjalankan Skema dari Shin Tae-yong dengan Baik


Kejelian Shin Tae-yong juga bakal diuji dalam gelaran Piala Asia 2023. Setelah mendapat sejumlah amunisi baru termasuk pemain naturalisasi, pelatih asal Korea Selatan ini diharapkan mampu membawa timnas Indonesia meraih hasil impresif di ajang tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)