Program Kampus Mengajar 7 Buka Kuota untuk 28.500 Mahasiswa

Kamis, 02 November 2023 - 14:35 WIB
loading...
Program Kampus Mengajar 7 Buka Kuota untuk 28.500 Mahasiswa
Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 7 resmi dibuka. Tersedia kuota untuk 28.500 mahasiswa. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran program Kampus Mengajar Angkatan 7 resmi dibuka mulai 1 November 2023. Tersedia kuota sebanyak 28.500 mahasiswa sarjana dan vokasi untuk belajar bersama guru.

Program Kampus Mengajar ini akan mengajak mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk melakukan asistensi pembelajaran bersama guru di satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sejak diluncurkan tahun 2020, Program Kampus Mengajar telah menerjunkan lebih dari 112.000 mahasiswa ke 23.000 lebih sekolah sasaran. Dari penugasan ini, Kemendikbudristek mengharapkan beberapa luaran yang bisa dicapai yakni peningkatan literasi dan numerasi peserta didik di sekolah, peningkatan keterampilan dan penguatan karakter siswa, serta peningkatan kompetensi mahasiswa sehingga memiliki kesiapan yang lebih matang sebelum terjun di dunia kerja.

Baca juga: Program Kampus Mengajar 2023 Angkatan 7 Dibuka hingga 24 November, Ini Syarat dan Ketentuannya

“Pembelajaran yang akan diikuti oleh mahasiswa selama bergabung kami yakini bisa mengasah berbagai kompetensi mereka seperti kemampuan komunikasi, kerja sama, kepemimpinan, cara berpikir kreatif, dan juga pemecahan masalah,” terang Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek, Sri Suning Kusumawardani, melalui siaran pers, Kamis (2/11/2033).

Suning melanjutkan, pengalaman belajar yang akan dirasakan oleh mahasiswa selama mengikuti Program Kampus Mengajar bisa menjadi cerita unik sekaligus memperkuat kepekaan sosial mahasiswa dengan melihat secara langsung kondisi pendidikan di Indonesia.

“Perjalanan penuh kisah sebagai proses pembelajaran yang nantinya akan mahasiswa jalani selama beberapa bulan ke depan melalui program ini, saya harap juga akan menjadi perjalanan dalam menemukan arti sejati dari pentingnya pendidikan,” ucapnya menutup sambutan, imbuh Suning.

Baca juga: Pendaftar Kampus Mengajar Angkatan 6 Pecahkan Rekor

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Kepala Program Kampus Mengajar, Asri Aldila Putri. Menurutnya, kehadiran mahasiswa bisa menjadi jembatan bagi anak-anak di sekolah dengan impian dan cita-cita mereka.

“Kehadiran teman-teman mahasiswa akan membuka jendela ke dunia yang lebih luas bagi anak-anak di setiap sudut Nusantara, memberikan mereka keyakinan bahwa impian mereka dapat menjadi kenyataan”, tutur Asri.

Melalui target sekolah sasaran yang berada di angka 5.000 sekolah, Kemendikbudristek optimis bahwa dampak yang bisa dihasilkan di pelaksanaan angkatan ketujuh bisa terus ditingkatkan, terutama dengan terlibatnya SMK sebagai sekolah sasaran sejak penugasan angkatan yang keenam.

Pendaftaran mahasiswa untuk program ini sendiri dibuka hingga Jumat (24/11/2023). Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 7, dapat diakses melalui Instagram resmi Kampus Mengajar: @kampusmengajar; Laman MBKM Program Kampus Mengajar: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar; dan Surat elektronik Kampus Mengajar: kampus.mengajar@kemdikbud.go.id.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)