Jokowi: Jurusan Kuliah Jangan Itu-itu Saja!

Senin, 11 September 2017 - 16:49 WIB
Jokowi: Jurusan Kuliah Jangan Itu-itu Saja!
Jokowi: Jurusan Kuliah Jangan Itu-itu Saja!
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi tantangan kepada Universitas Padjadjaran saat orasi dalam Puncak Peringatan Dies Natalis ke-60 Unpad di Graha Sanusi Hardjadinata, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (11/9/2017).

Jokowi memaparkan tentang berbagai perkembangan dunia saat ini. Salah satunya mengenai teknologi.

Dia mencontohkan saat ini orang tidak perlu pergi ke tukang sate jika ingin makan sate. Orang cukup menggunakan telepon genggamnya untuk memesan sate melalui ojek online.

Lalu Jokowi mengungkap tentang pentingnya perubahan. Kampus pun menjadi sasaran kritik Jokowi yang menganggap selama ini memiliki jurusan studi yang itu-itu saja.

"Saya datang ke beberapa universitas jurusannya pasti manajemen, pembangunan, akuntansi. Tiga itu wajib ada. Saya enggak tahu di Unpad, tiga itu enggak Pak Rektor, sama?" kata Jokowi.

Padahal, kata dia, seharusnya jurusan universitas disesuaikan dengan perkembangan zaman. Jurusan kuliah jangan hanya itu-itu saja agar lulusannya akan bisa menghadapi kemajuan zaman.

"Fakultas ekonomi misalnya. Jadi fakultas atau jurusan logistik manajemen, ritel manajemen, online shop. Ini yang harus kita antisipasi. Kalau enggak, kalah kita kompetisi dengan negara-negara lain," ucapnya.

Kemudian, dia mencontohkan fakultas sosial politik. Jurusan di dalamnya tidak jauh dari sosiologi dan administrasi negara. "Di semua universitas kurang lebih begitu sospol. Hal-hal berkaitan dengan sosmed kenapa enggak ada fakultasnya," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut dia, saat ini media sosial memiliki peran penting dalam berbagai aspek. Bahkan, sektor bisnis juga bisa digencarkan dari sana.

Dia lalu meminta Unpad membuat jurusan yang lebih moderen ketimbang berkutat dengan jurusan yang itu-itu saja agar lulusannya lebih berkembang.

"Hal-hal berkaitan dengan medsos mestinya Unpad memiliki fakultas medsos jurusan meme, kenapa tidak?" ucap Jokowi disambut tawa hadirin.

Dia pun menimpali tertawaan hadirin dengan mengatakan hal itu boleh saja ditertawakan saat ini. Tapi, ke depan apa yang dibahasnya akan sangat penting untuk dipikirkan.

"Sekarang kita boleh tertawa, tapi yang akan kita hadapi itu (kemajuan zaman), bukan yang lain," ujar Jokowi.

Jokowi pun berpesan agar kampus menjadi yang terdepan dalam menghadapi globalisasi yang berubah dengan cepat.

Kampus diharapkan Jokowi melahirkan lulusan yang siap berhadapan dengan kemajuan zaman. "Oleh karena itu saya minta universitas menjadi yang terdepan ikut sama-sama pemerintah mengantisipasi hal-hal berkaitan dengan itu," papar Jokowi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6338 seconds (0.1#10.140)