Kiamat Sudah Dekat, Yuk Amalkan Doa-doa Akhir Zaman Ini !

Kamis, 19 Oktober 2023 - 12:30 WIB
loading...
Kiamat Sudah Dekat, Yuk Amalkan Doa-doa Akhir Zaman Ini !
Sebagai muslim, kewajiban kita hanya mempersiapkan diri dan berupaya memohon pelindungan Allah SWT dengan doa dan zikir agar terhindar dari segala bentuk fitnah, marabahaya, dan cobaan akhir zaman. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kehidupan manusia saat ini sudah mendekati akhir zaman , dan sebagai umat muslim kita meyakini kiamat sebagai salah satu rukun iman yang kelima yang pasti akan terjadi. Maka ketika kiamat tiba, tidak ada satu pun yang bisa diandalkan sebagai penolong selain Allah SWT. Untuk itulah, sebagai muslim kita harus selalu memohon perlindungan Allah SWT dengan terus berzikir dan berdoa.

Dikutip dari buku "Setapak Akhir Zaman" karya Thoriq Aziz Jayana", dijelaskan bahwa banyak dalil dalam Al-Qur'an yang menjelaskan dahsyatnya kiamat . Namun kapan datangnya kiamat itu, hanya allah SWT yang mengetahuinya.

Sebagai muslim, kewajiban kita hanya mempersiapkan diri dan berupaya memohon pelindungan Allah SWT agar terhindar dari segala bentuk fitnah, marabahaya, dan cobaan akhir zaman . Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa-doa yang bisa diamalkan sebagai permohonan perlindungan menjelang akhir zaman ini:

1. Doa dijauhkan dari fitnah Dajjal

Fitnah terbesar yang dapat merusak tatanan kehidupan manusia, baik itu iman, dan hal-hal kehidupan lainnya adalah fitnah dajjal. Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam bahkan mengatakan bahwa fitnah Dajjal ini merupakan fitnah terbesar
yang ada sejak Nabi Adam AS diciptakan.

Hadisnya:

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ


Artinya: "Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal." (HR Muslim).

Dari Aisyah radhiyallahu'anha, istri Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Ia mengatakan, Rasulullah dalam salatnya pernah membaca doa berikut untuk melindungi dari fitnah Dajjal.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ


Allahumma inni audzubika min 'adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah al-masikh ad-Dajjal" (HR Muslim).

2. Doa agar terhindar dari musibah yang datang secara mendadak

Doa ini bisa dibaca setiap hari setelah salat fardhu. Doa ini mengandung makna agar dilindungi dari segala musibah.

اللهـم ادفع عنا الغلاء والبلاء والوباء والفحشاء والمنكر والشيوف المختلفة والشدائد والمحن ما ظهر منها وما بطن من بلدنا هذا خاصة ومن بلدان المسلمين عامة إنك على كل شيئ قدير


Allaahummadfa' 'annal ghalaa-a, wal balaa-a, wal wabaa-a, wal fahsyaa-a, wal munkara, was-suyuufal mukhtalifata, wasy-syadaa-ida, wal mihana maa zhahara minhaa, wa maa baathana min baladinaa haadzaaa khaassatan, wa min buldaanil muslimiina'aammatan. Innaka'alaa kulli syai'in qadiir.

Artinya: Ya Allah, hindarkanlah kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemungkaran, sengketa yang beraneka. kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

3. Doa memohon kebaikan di dunia dan akhirat

Doa ini juga dikenal dengan sebutan doa sapu jagad. Bacalah doa ini sesering mungkin seraya ikhlas dengan ketetapan yang diberikan Allah SWT.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā 'adzāban nār

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

4. Doa agar tidak dihinakan saat hari kiamat

Doa ini termaktub dalam Al-Qur'an surat Asy-Syu'ara ayat 87-89

وَلَا تُخْزِنِى يَوْمَ يُبْعَثُونَ . يَوْمَ لَا يَنفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ . إِلَّا مَنْ أَتَى ٱللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ


Wa lā tukhzinī yauma yub'aṡụn. Yauma lā yanfa'u māluw wa lā banụn. Illā man atallāha biqalbin salīm.

Artinya: "Dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan. (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna. Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih." (Q.S. Asy-Syu'ara: 87-89)

5. Doa memohon perlindungan dari kejahatan orang zalim dan kafir

Doa ini tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-Mu'minun ayat 94:

رَبِّ فَلَا تَجْعَلْنِى فِى ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)