Selain Yahudi, Berikut Adalah Agama Mayoritas di Israel

Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:00 WIB
loading...
Selain Yahudi, Berikut Adalah Agama Mayoritas di Israel
Selain Yahudi, ada 3 agama lain yang ada di negara zionis Israel yakni Islam agama terbesar kedua, kristen (ketiga) dan Druze 9agama minoritas. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Tak hanya Yahudi , ternyata ada beberapa agama yang juga diakui di Israel. Israel , sebuah negara yang terletak di Timur Tengah, sering kali diidentifikasi dengan Yahudi karena mayoritas penduduknya menganut agama Yahudi.

Meski ada juga penganut agama lain, namun persentase Yahudi di Israel masih paling tinggi nilainya, sekitar 41% populasi Yahudi dari berbagai dunia tinggal di Israel. Yahudi adalah agama mayoritas di Israel.

Di Israel sendiri, penganut agama Yahudi persentasenya mencapai 74,3% pada tahun 2018. Terdapat empat golongan orang Yahudi yaitu Hiloni (sekuler) sekitar 40%, Masorti (tradisional) sekitar 23%, Dati (religius) sekitar 10%, dan Haredi (ultra-Ortodoks) sekitar 8%.

Selain Yahudi, Agama Lain yang Ada di Israel

1. Islam (17,8%)

Islam adalah agama terbesar kedua di Israel, menyumbang 17,8% dari populasi dan mayoritas penganutnya adalah etnis Arab. Penganut Islam di Israel memiliki otonomi dalam menangani masalah hukum pribadi melalui pengadilan agama yang mengikuti hukum Islam (syariah).

Populasi Muslim di Israel aktif dalam praktik keagamaan, contohnya 83% berpuasa di bulan Ramadan, 61% melaksanakan salat setiap hari, dan 49% mengunjungi masjid setidaknya setiap minggu.

Penganut Islam bermukim terutama di wilayah-wilayah seperti Tepi Barat, Jalur Gaza, dan kota-kota seperti Yerusalem, Akko, dan Haifa. Mayoritas penganut Islam di Israel adalah etnis Arab.

2. Kristen (1,9%)

Sekitar 1,9% penduduk Israel menganut agama Kristen, menjadikannya agama mayoritas ketiga di negara tersebut, terutama didominasi oleh etnis Arab.

Populasi Kristen di Israel memiliki variasi denominasi, dengan Katolik Yunani Melkit dan Yunani Ortodoks menjadi denominasi terbesar diikuti oleh komunitas Katolik Roma, Timur Ortodoks, dan Rusia Ortodoks.

Terdapat juga sejumlah kecil Protestan seperti gereja Evangelis dan Lutheran. Mayoritas penganut Kristen Arab di Israel tinggal di wilayah utara seperti Nazareth, sementara komunitas Kristen non-Arab tersebar di seluruh negara, terutama di Haifa dan Yerusalem.

Beberapa praktik keagamaan umum terlihat di semua denominasi, termasuk praktik baptisan yang diikuti oleh hampir semua penganut Kristen (94%) dan mayoritas melakukan puasa selama masa Prapaskah (60%).

3. Druze (1,6%)

Komunitas Druze di Israel berjumlah sekitar 130.000 orang, sekitar 1,6% dari populasi negara tersebut. Mayoritas Druze tinggal di wilayah utara seperti Galilea, Carmel, dan Dataran Tinggi Golan.

Meskipun etnisnya Arab dan mayoritas berbahasa Arab, sebagian besar Druze tidak mengidentifikasi diri sebagai orang Palestina. Mereka memiliki pengadilan agama sendiri untuk masalah hukum pribadi dan secara historis berkomitmen pada negara Israel, termasuk berdinas di IDF.

Druze adalah komunitas agama minoritas di Israel. Mereka merupakan kelompok etnis yang memiliki keyakinan agama tersendiri, yang terkait dengan Islam namun dengan aspek-aspek tambahan.

Demikian ulasan mengenai agama mayoritas di Israel selain Yahudi, semoga informasi ini bermanfaat.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)