5 Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil, Calon Bayi Bisa Dapat Nutrisi

Jum'at, 22 September 2023 - 19:30 WIB
loading...
5 Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil, Calon Bayi Bisa Dapat Nutrisi
Ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil yang dapat dikonsumsi dengan memiliki kandungan vitamin hingga nutrisi untuk bumil dan calon bayi. Foto/ hindustantimes.
A A A
JAKARTA - Ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil . Bukan hanya sekadar dijadikan lauk pauk saja, juga dapat dikonsumsi untuk camilan yang memiliki kandungan vitamin hingga nutrisi cukup sehingga membuat bumil dan calon bayi tetap terjaga kesehatannya.

Dilansir laman Health Line pada Jumat (22/9/2023), berikut beberapa makanan sehat untuk ibu hamil agar tetap sehat.


Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil

1. Salmon

Salmon merupakan jenis ikan kaya akan asam lemak omega-3 esensial yang memiliki banyak manfaat. Salmon bisa membantu membangun otak dan mata bayi.

Anda bisa mengonsumsi salmon dengan berbagai olahan, seperti jadi topping sandwich, dijadikan salad atau dipanggang.

2. Telur

Telur juga tak kalah penting dikonsumsi untuk ibu hamil, karena mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan. Telur berukuran besar mengandung sekitar 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak, dan banyak vitamin dan mineral.

Telur adalah sumber kolin yang baik, khususnya nutrisi penting selama kehamilan. Ini penting dalam perkembangan otak bayi dan membantu mencegah kelainan perkembangan otak dan tulang belakang.

3. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi selama hamil seperti lentil, kacang polong, buncis, buncis, kedelai hingga kacang tanah.

Kacang polong adalah sumber serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium nabati yang baik, dimana sangat dibutuhkan tubuh lebih banyak selama kehamilan.

Sementara, folat merupakan salah satu vitamin B (B9) yang paling penting, khususnya bagi Anda dan sang cabang bayi. Terlebih selama trimester pertama.

4. Brokoli dan sayuran hijau tua

Brokoli dan sayuran berwarna hijau tua, seperti kangkung dan bayam, mengandung begitu banyak nutrisi yang Anda butuhkan.

Bahkan bisa dijadikan tambahan ke dalam semua jenis hidangan. Manfaatnya antara lain serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.

Sayuran hijau juga baik untuk pencernaan, khususnya bagi ibu hamil agar tak mudah sembelit selama mengandung.


5. Ubi jalar

Ubi jalar rasanya tidak hanya enak yang dimasak dimasak dengan berbagai olahan. Jenis umbi-umbian ini juga kaya akan beta karoten, senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda.

Vitamin A penting untuk perkembangan bayi. Waspadai sumber vitamin A hewani dalam jumlah berlebihan, seperti jeroan yang dapat menyebabkan keracunan.

Ubi jalar adalah sumber beta karoten dan serat nabati yang melimpah. Serat membuat Anda kenyang lebih lama, mengurangi lonjakan gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)