Bangun Pabrik Feronikel Haltim, MIND ID Terus Genjot Hilirisasi

Kamis, 21 September 2023 - 08:41 WIB
loading...
Bangun Pabrik Feronikel Haltim, MIND ID Terus Genjot Hilirisasi
Pabrik Feronikel Haltim Antam siap beroperasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melalui salah satu anggotanya, PT Aneka Tambang Tbk ( Antam ), melaksanakan Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim (P3FH). Proyek tersebut telah memasuki tahapan proses tapping metal perdana (first metal tapping) pada 12 September 2023.



First metal tapping adalah rangkaian commissioning Pabrik Feronikel Haltim yang sekaligus menjadi kelanjutan tahapan switch-on Electric Smelting Furnace (ESF). Sebelumnya, ESF telah diselenggarakan pada 19 Juli 2023.

“Sejak tahap awal, pengoperasian Pabrik Feronikel Haltim dari Antam merupakan bagian dari komitmen MIND ID mendukung hilirisasi komoditas pertambangan. MIND ID akan terus berkomitmen menjalankan mandat pemerintah untuk menjadi perusahaan kelas dunia melalui penguasaan dan pemanfaatan cadangan minerba yang dimiliki Indonesia,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf.

P3FH merupakan salah satu perwujudan hilirisasi mineral yang dilakukan Antam dalam rangka mendukung penguatan industri mineral. Pabrik tersebut juga merupakan bagian dari komitmen anggota grup MIND ID untuk berfokus pada penyelesaian proyek strategis perusahaan pada 2023.

Adapun first metal tapping Pabrik Feronikel Haltim merupakan tahapan ketiga dari rangkaian commissioning. Tahapan ini ditargetkan selesai pada akhir triwulan ketiga pada 2023.

“Antam senantiasa memastikan kestabilan dan keselamatan operasi pabrik, termasuk selama proses commissioning. Dengan dilaksanakannya proses first metal tapping, selanjutnya Antam akan mulai mempersiapkan produksi komersial,” kata Direktur Pengembangan Usaha Antam I Dewa Wirantaya, Rabu (20/9/2023).

Sementara itu, tahap awal pengoperasian Pabrik Feronikel Haltim telah dimulai sejak 7 Juli 2023. Pengoperasian ditandai dengan burner-on atau proses pemanasan tungku pembakaran (furnace) sebelum dialiri arus listrik.

Hingga periode Desember 2020, kemajuan konstruksi fisik pembangunan pabrik telah mencapai 98,12% penyelesaian. Selain pembangunan pabrik pengolahan feronikel, pada 2020, Antam juga melanjutkan aktivitas pembangunan infrastruktur pendukung pabrik yang mencakup pengembangan area town site dan infrastruktur pendukung lainnya sesuai dengan target dan rencana yang telah ditetapkan.

Pabrik Feronikel Haltim yang berlokasi di Halmahera Timur, Maluku Utara, ini akan memiliki kapasitas produksi sebesar 13.500 ton nikel dalam feronikel (TNi). Nantinya, setelah beroperasi secara penuh, pabrik akan mendukung produksi feronikel dari Pabrik Feronikel Kolaka di Sulawesi Tenggara yang berkapasitas 27.000 TNi.



Pabrik ini akan membuat Antam memiliki portofolio kapasitas produksi feronikel terpasang sebesar 40.500 TNi. Nantinya, Pabrik Feronikel Haltim akan ditunjang dengan berbagai fasilitas produksi utama, yaitu fasilitas Rotary Dryer berkapasitas 170 ton per jam, Rotary Kiln kapasitas 165 ton per jam, Electric Smelting Furnace berkapasitas 60 MW, serta fasilitas penunjang produksi lainnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)