Kampung Net di Gresik, Sediakan 250 Spot Internet Gratis untuk Sekolah Daring

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 07:04 WIB
loading...
Kampung Net di Gresik, Sediakan 250 Spot Internet Gratis untuk Sekolah Daring
Sejumlah siswa saat belajar daring menggunakan akses internet di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar, Gresik. Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Pemerintahan Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur , sudah menyediakan sarana internet gratis bagi para siswa yang belajar daring . Sejak dua tahun lalu, Tanggulrejo mereplikasi sebagai desa melek informasi tehnologi.

Di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan itu, sudah menyediakan spot-spot untuk akses internet. Targetnya mempermudah sekolah daring para siswa.

"Hotspot dipasang di masing-masing pos kamling RT. Ada sebanyak 16 RT di Desa Tanggulrejo. Semua dapat digunakan gratis," ujar Kades Tanggulrejo Abdul Karim, Jumat (31/7). (Baca juga: 3 Kecamatan di Purwakarta Bisa Belajar Tatap Muka, Ini Syaratnya )

Tidak hanya di pos kamling, internet gratis juga dipasang di tujuh institusi pendidikan yang ada di desanya. Mulai PAUD, hingga tingkat Madrasah Aliyah.

"Awalnya memang ada program di desa bernama kampung net. Nah di titik-titik hotspot itulah yang kami pakai untuk akses internet gratis bagi siswa belajar online," jelasnya.

Pihaknya berharap, bagi warga yang memiliki jaringan internet pribadi untuk membantu memberikan akses kepada siswa di sekitarnya. Total ada sekitar 250 sambungan internet yang bisa digunakan. (Baca juga: Kemendikbud Harus Memberikan Pedoman Materi yang Diutamakan dalam PJJ )

Menurutnya, semua warganya ikut memperhatikan siswa yang belajar secara daring ini. Jika ada yang membutuhkan bantuan, mereka tidak pernah keberatan.

"Yang punya akses internet pribadi biasanya memberikan password kepada siswa yang membutuhkan jaringan internet," imbuhnya.

Bahkan, pihak desa siap memfasilitasi keperluan laptop dan handphone bagi siswa yang membutuhkan. Untuk memperlancar proses belajar mengajar secara virtual.

"Iya kami senang bisa terus belajar. Karena di rumah gak punya akses internet," kata Nela, salah satu siswi kelas IV MI Roudhotul Tholibin, Desa Tanggulrejo.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2641 seconds (0.1#10.140)