10 Fakta yang Bikin Shikamaru Nara Layak Jadi Hokage Konoha

Minggu, 20 Agustus 2023 - 23:45 WIB
loading...
10 Fakta yang Bikin Shikamaru Nara Layak Jadi Hokage Konoha
Boruto: Two Blue Vortex mengindikasikan kalau Shikamaru Nara telah menjadi Hokage Konoha. Ada banyak faktor yang membuat Shikamaru memang layak menjadi Hokage. (Foto: YouTube)
A A A
Boruto: Two Blue Vortex mengindikasikan kalau Shikamaru Nara telah menjadi Hokage Konoha. Belum diketahui apakah dia menjadi Hokage sementara atau Hokage Kedelapan menggantikan Naruto. Chapter 1 manga itu menyebut kalau Naruto telah tewas.

Keberadaan Shikamaru sebagai Hokage bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Di sepanjang Naruto, Shikamaru telah memperlihatkan kualitasnya sebagai seorang pemimpin yang patut dicontoh dan diteladani teman-temannya. Meskipun, awalnya dia tampil sebagai orang yang suka malas-malasan.

Shikamaru juga memahami politik di desanya. Kecerdasannya membuatnya menonjol di antara yang lain, meski dia tidak punya jurus ampuh seperti Naruto atau Sasuke. Sebagai pemimpin, Shikamaru pastinya dijamin kebijaksanaannya. Apa saja faktor yang membuat Shikamaru Nara layak menjadi Hokage? Mengutip Screen Rant, simak ulasannya berikut!



10. Berkomitmen Melindungi “Raja”

10 Fakta yang Bikin Shikamaru Nara Layak Jadi Hokage Konoha

Foto: Screen Rant

Konoha tidak punya raja. Alih-alih, istilah itu dipakai Asuma Sarutobi untuk menjelaskan hal terpenting untuk menjadi shinobi. Setelah Asuma tewas, Shikamaru berjanji pada mendiang sensei dan dirinya kalau dia akan selalu bekerja demi memastikan kalau “Raja” Konoha aman.

Hal terpenting itu adalah generasi berikutnya. Tidak ada yang lebih penting bagi seorang shinobi selain memastikan generasi berikutnya punya pulang bertahan hidup dan aman. Shikamaru mengabdikan dirinya tidak hanya untuk melindungi anak Asuma, tapi juga memastikan kalau Konoha punya kebijakan untuk melindungi semua anak.

9. Menjadi Penasihat Tiga Hokage Berbeda

10 Fakta yang Bikin Shikamaru Nara Layak Jadi Hokage Konoha

Foto: Twitter

Shikamaru pertama kali menjadi penasihat tak resmi Hokage ketika berusia 15 tahun. Baru saja jadi Chunin, Shikamaru adalah salah satu dari sedikit orang yang dipercayai di lingkaran dalam Tsunade. Dia memberiny misi dan mempercayai penilaiannya hampir tanpa keraguan.

Ketika Kakashi menggantikan Tsunade, Shikamaru tetap dalam posisi itu dan bahkan menyeru bagaimana penjara teraman Konoha beroperasi. Dia tetap mempertahankan posisi itu ketika Naruto menjadi Hokage. Shikamaru sudah menyaksikan metode tiga Hokage berbeda secara langsung.

8. Berpikir Beberapa Langkah Lebih Maju

10 Fakta yang Bikin Shikamaru Nara Layak Jadi Hokage Konoha

Foto: Geeky SPT

Banyak shinobi punya pendekatan yang sama saat bertarung. Mereka impulsif, terburu-buru sebelum tahu betul apa yang mereka hadapi. Tapi, ini tidak berlaku bagi Shikamaru.

Shikamaru menggunakan kecerdasannya dan menghadapi perang dengan cara yang sama yang dia lakukan terhadap teka teki atau game strategi. Dia dengan cepat menganalisis langkah yang bisa dia ambil dan semua kemungkinan hasilnya. Sifat ini dibutuhkan pada diri seorang Hokage, seseorang yang bisa melihat semua potensi konsekuensi tindakan yang akan mereka ambil.

7. Punya Kapasitas Besar untuk Belajar

10 Fakta yang Bikin Shikamaru Nara Layak Jadi Hokage Konoha

Foto: Ranker

Selain kemampuannya mengurai hasil potensial, Shikamaru juga memamerkan kapasitas besar untuk menguasai ketermapilan baru. Dia memperlihatkan kemahiran pada jutsu keluarganya, dengan menggunakan bayangan. Tapi, itu tidak berarti dia tidak bisa menerima jutsu lainnya.

Salah satu alasan mengapa Shikamaru tidak menonjol di Akademi ketika dia masih kecil adalah karena dia menganggap sekolah itu membosankan. Dia tahu apa isi pelajarannya sebelum diajarkan dan menganggap perintah itu tidak menantang atau asyik. Ketika diberi kesempatan belajar lewat metode kreatif, seperti Asuma yang mengajarkan game baru atau mengujinya lewat teka teki, Shikmaru memperlihatkan kapasitas besar dalam mempelajari hal baru.

6. Kepemimpinannya Diakui Teman-Temannya

10 Fakta yang Bikin Shikamaru Nara Layak Jadi Hokage Konoha

Foto: SportsKeeda

Meski masih berusia 15 tahun, Shikamaru sudah memperlihatkan bakat bawaan untuk memimpin teman-temannya. Ino dan Choji, teman setimnya, selalu mencontoh Shikamaru ketika Asuma tidak ada. Bahkan ketika mereka tidak selalu sepakat dengannya, mereka tetap membiarkan Shikamaru memimpin. Itu juga terjadi dengan shinobi lain selama Perang Dunia Shinobi Keempat.

Shinobi dengan pengalaman yang lebih signifikan mencari Shikamaru untuk merencanakan perang. Ketika dia menjadi kepala ahli strategi setelah kematian ayahnya, tidak ada yang bahkan membantah, semua menerima kalau dia punya kemampuan memimpin. Itu tidak berhenti ketika perang usai.

5. Punya Kemauan untuk Bekerja Sama

10 Fakta yang Bikin Shikamaru Nara Layak Jadi Hokage Konoha

Foto: Narutopedia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)