Vladimir Putin Kumpulkan Para Jenderal Rusia Komandan Perang di Ukraina, Ada Apa?

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 12:45 WIB
loading...
Vladimir Putin Kumpulkan Para Jenderal Rusia Komandan Perang di Ukraina, Ada Apa?
Presiden Vladimir Putin kumpulkan para jenderal Rusia yang jadi komandan perang di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Kremlin pada Sabtu (19/8/2023) mengatakan Presiden Vladimir Putin telah mengumpulkan para jenderal Rusia yang menjadi komandan perang di Ukraina.

Pengumuman tentang pertemuan Putin dan para jenderalnya muncul setelah Ukraina mengeklaim kemenangan serangan balasan di front tenggara.

"Vladimir Putin mengadakan pertemuan di markas besar kelompok operasi militer khusus di Rostov-on-Don," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Rusia, yang melancarkan invasi di Ukraina pada Februari 2022, menyebut tindakannya sebagai operasi militer khusus—menjauhi narasi perang.



Kremlin menambahkan bahwa Putin, panglima tertinggi Rusia, mendengarkan laporan dari Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Jenderal Valery Gerasimov, yang bertanggung jawab atas operasi Moskow di Ukraina, dan komandan serta perwira tinggi militer lainnya.

Pertemuan itu terjadi setelah Ukraina, yang serangan balasannya untuk merebut kembali tanah yang diambil oleh Rusia pada bulan-bulan pertama perang lebih lambat dari yang diharapkan, mengatakan pihaknya membebaskan sebuah desa kecil di sepanjang garis depan, yang pertama sejak Juli.

Kremlin tidak memberikan perincian tambahan tentang pertemuan Putin dan para jenderalnya, serta tidak jelas kapan pertemuan itu berlangsung.

Video yang diterbitkan oleh kantor berita RIA menunjukkan Gerasimov menyapa Putin di malam hari dan membawanya ke sebuah gedung setelah berjabat tangan singkat.

Gerasimov, yang jarang terlihat di depan umum dalam beberapa bulan terakhir, telah menjadi sasaran kritik keras dari pemimpin tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin dan beberapa blogger militer Rusia atas kegagalan Rusia dalam perang.

Rostov-on-Don, sebuah kota yang hanya berjarak sekitar 100 kilometer (62 mil) dari perbatasan Ukraina, adalah rumah bagi komando distrik militer selatan Rusia yang tentaranya berperang di Ukraina.

Dengan serangan balasan Ukraina berjuang untuk menerobos garis Rusia yang mengakar dan sumber daya militer Moskow yang meluas dan perbedaan pendapat di barisan, kedua belah pihak telah mengukur keberhasilan baru-baru ini dengan mengambil kendali desa-desa kecil.

Pada hari Kamis, militer Ukraina mengatakan telah membebaskan desa kecil Urochaine di wilayah Donetsk, mendorong maju dalam perjalanannya menuju Laut Azov untuk berpotensi memotong jembatan darat Rusia ke Crimea—jembatan penting untuk rute pasokan Moskow.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0807 seconds (0.1#10.140)