Inilah Keistimewaan Surat Al-Hadid, Salah Satunya Wasilah bagi Narapidana

Minggu, 13 Agustus 2023 - 07:50 WIB
loading...
Inilah Keistimewaan Surat Al-Hadid, Salah Satunya Wasilah bagi Narapidana
Amalan bagi narapidana, bacalah surat al-Hadid. Foto/IlustrasI: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Hadid , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang meletakkannya di tubuhnya maka dia akan terlindung dari besi saat peperangan, dan barangsiapa yang membawanya maka dia tidak akan terlihat oleh musuhnya.



Surat Al-Hadid adalah surat ke-57 dalam Al-Qur’an. Surat yang terdiri dari 29 ayat ini termasuk ke dalam golongan Surat Madaniyah. Ia dinamakan Surat Al-Hadid karena merujuk pada lafaz al-hadid (besi) yang terdapat pada ayat ke-25.

Dalam kitab Tsawabul A’mal disebutkan Abi Abdullah berkata, "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Hadid, dan Al-Mujadilah di dalam salat fardhu (secara) terus-menerus, maka Allah tidak akan mengazabnya hingga meninggal selamanya, dan tidak melihat keburukan di dalam pada dirinya untuk selamanya, tidak tertentunya hanya pada badannya."

Sedangkan dalam Tafsirul Burhan dinyatakan Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Hadid), maka Allah berhak menyelamatkan ia dari siksa, memberinya kenikmatan di dalam surga-Nya. Dan barangsiapa membaca terus-menerus, atau istikamah, sedangkan ia berada di dalam belenggu, atau dipenjara, maka Allah akan memudahkannya keluar, meskipun ia melakukan sesuatu kejahatan."

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)