Orang Muda Ganjar Pelatihan hingga Tips Hadapi Tes CPNS dan BUMN

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 18:03 WIB
loading...
Orang Muda Ganjar Pelatihan hingga Tips Hadapi Tes CPNS dan BUMN
Relawan OMG Sulsel memberikan pelatihan tips dan tes CPNS serta BUMN bertajuk Raih Masa Depan, Ciptakan Kesuksesan kepada kawula muda dan mahasiswa Kabupaten Gowa, Jumat (4/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GOWA - Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan pelatihan kepada kawula muda dan mahasiswa Kabupaten Gowa. Mereka menggelar tips dan tes calon perangkat sipil negara (CPNS) serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertajuk Raih Masa Depan, Ciptakan Kesuksesan.

Korwil OMG Sulsel Muh Rais Auliya Razak mengatakan, pihaknya menghadirkan mentor dan praktisi soal tes CPNS profesional. Peserta dibekali kiat menjawab soal-soal ujian dengan mudah dan tepat.

"Pada September bulan depan itu nanti ada terbuka pendaftaran CPNS. Makanya kami dengan sangat cepat mengadakan di bulan ini sebagai persiapan teman-teman untuk tidak buta terhadap mekanisme-mekanisme apa yang akan di tahapan CPNS nanti," katanya di RH Coffee, Kelurahan Romangpolong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Jumat (4/8/2023).

Diketahui, dalam waktu dekat rekrutmen CPNS 2023 bakal segera dibuka. Seleksi tersebut diperkirakan akan berlangsung pada September 2023.

Sementara, BUMN sendiri telah membuka pendaftaran pegawai sejak Mei lalu dan para peserta yang dinyatakan lulus bakal mengikuti tes seleksi 5-26 Agustus 2023.

Rais mengungkapkan, peluang ini tentunya tidak boleh disia-siakan. Perlu persiapan berupa ikhtiar maupun doa supaya mampu mengerjakan soal dan mendapat hasil yang diinginkan.

"Harapannya nanti setelah kegiatan ini bermanfaat untuk teman-teman sebagai sarana skill pribadi untuk bisa dijadikan wawasan tersendiri dan juga pengalaman untuk bisa mempermudah dirinya mengikuti CPNS nanti," jelasnya.

Ketua Umum Forpemnas Fajar Muharram menyebut para peserta diberikan sejumlah soal seleksi kompetensi dasar (SKD). Terdiri dari tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK) serta cara menjawabnya.

"Tentunya kegiatan pelatihan CPNS ini bisa menstimulus para calon-calon pendaftar sehingga lebih terbekali ke depannya untuk ketika kegiatan sudah mendekati ataupun tesnya sudah jalan tentu mereka akan siap," katanya.

Salah satu peserta, Nurul Rahmayanti (22) mengaku sangat menantikan pelatihan seperti ini. Tujuannya menambah kepercayaan diri dan meningkatkan kompetensi agar lebih fokus dan siap dalam mengerjakan soal.

"Menurut saya ini menarik dan saya sangat membutuhkan pelatihan CPNS ini untuk masa depan saya. Insyaallah kalau bisa saya mau daftar CPNS," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2769 seconds (0.1#10.140)