Bupati Kutai Kartanegara Dukung Rencana Pemerintah Moratorium UN

Senin, 28 November 2016 - 06:06 WIB
Bupati Kutai Kartanegara Dukung Rencana Pemerintah Moratorium UN
Bupati Kutai Kartanegara Dukung Rencana Pemerintah Moratorium UN
A A A
BOGOR - Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengaku setuju dengan rencana pemerintah menghentikan sementara (Moratorium) Ujian Nasional (UN) tersebut. Pemerintah akan mengumumkan keputusan itu dalam minggu ini.

Dia menceritakan, dia dan kakaknya selalu meraih nilai terbaik pada saat ujian. Namun, ada saat kakaknya sakit nilai yang diraihnya pada saat UN pun sangat jelek.

"Saya setuju UN dihapus karena sebetulnya orang dinilai tidak hanya dari UN saja tetapi penilaian harus dilakukan kumulatif sejak kelas satu," ungkapnya usai menerima penghargaan dari PGRI saat Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-71 di Sentul, Minggu (27/11/2016).

Perempuan kelahiran Tenggarong ini menuturkan, jika hanya UN sebagai nilai akhir yang dikejar sebagai syarat kelulusan maka akan semakin banyak anak yang mencontek. Apalagi, identik mencekamnya UN masih membuat siswa pintar manapun akan menjadi shock.

"Siswa pun hanya mengandalkan hafalan soal dan belajar di bimbingan belajar yang menawarkan janji kelulusan UN dengan nilai terbaik daripada mengembangkan potensi lainnya di sekolah," tuturnya.

Rita mengaku, siap jika UN tahun depan akan didesentralisasikan. Dia berjanji akan menyiapkan sarana prasarana seperti computer agar lebih praktis. Rita pun akan menyiapkan ujian yang lebih santai dan tidak mencekam sehingga anak didik tidak menghadapi ketakutan lagi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8438 seconds (0.1#10.140)