Minta Rusunawa Sadang Serang Layak Huni

Rabu, 16 September 2015 - 09:56 WIB
Minta Rusunawa Sadang Serang Layak Huni
Minta Rusunawa Sadang Serang Layak Huni
A A A
BANDUNG - Warga bantaran Sungai Cikapundung, Jalan Siliwangi, RT 05/01, Kelurahan Hegar manah, Kecamatan Cidadap meminta agar Rusu nawa Sadang Serang siap di tempati.

Rusunawa itu nantinya akan dijadikan sebagai tempat re lokasi warga terdampak proyek pembangunan Amp - hit heater Cikapundung. Saat ini, sejumlah perbaikan masih dilakukan, se men tara di sisi lain pada akhir September warga sudah harus menem - pati rusunawa. Berdasarkan pantauan KORAN SINDO, para pekerja tampak masih melakukan pengerjaan di bagian sayap utara dan selatan bangunan Rusunawa.

Sebagian besar pe - ngerjaan yang dilakukan yakni meliputi pengecatan dan se - jumlah perapihan be berapa bagian bangunan. Salah seorang perwakilan warga Dedi Muyono menga - takan, pihaknya meminta Ru - sunawa Sadang Serang yang dijadikan sebagai tem pat rel o - kasi warga benar-benar siap huni.

Sehingga saat war ga - pindah ke rusunawa, siap un - tuk ditempati. “Karena saya terakhir ke rusunawa pada Kamis pekan la lu, itu belum siap. Masih ada perbaikan-perbaikan. Tapi kemarin pemkot bi - lang katanya surat layak huni. Ya kami pengennya sesuai de - ngan layak huninya itu, jangan masih pengerjaan-penger ja - an. Kami minta diberesindulu,” ujar Dedi kemarin.

Selain itu, kata Dedi, pi - haknya juga meminta aparat ke wilayahan berkoordinasi de ngan warga di sekitar rusu - nawa. Hal ini setidaknya untuk memberitahukan bahwa ada warga yang akan menempati rusunawa. Menurut Dedi, saat in i wa r - ga sedang mengurus pem ber - kasan terkait rencana ke pin - dahan Rusunawa Sadang Se - rang.

Pasalnya, dengan kepin - dahan ke Rusunawa Sadang Serang, secara otomatis anakanak yang masih sekolah ha - rus ikut pindah lantaran jarak sekolah yang menjadi lebih jauh. Selain itu juga hampir sebagian be sar war ga mem - buka usaha di sekitar lokasi yang dperlu diperhatikan.

“Jadi untuk saat ini war - ga belum pindah, kare na ba - nyak yang masih diurus, ter - utama anak-anak yang masih sekolah. Belum lagi dengan pe - kerjaan warga yang mayoritas sebagai pedagang yang ber - jualan tak jauh dari lokasi. Jadi kami ingin beres dulu, setelah itu baru pindah,” kata pria yang mengaku telah tinggal 13 tahun di bantaran Sungai Ci - kapundung.

Sementara itu, Imam dari pihak kontraktor mengakui bahwa saat ini masih dilaku - kan perbaikan. Namun ditar - getkan pengerjaan perbaikan dapat rampung pada pekan ini. “Tinggal 20 persenan lagi un tuk pengecatan dan pe - rapihan perapihan. Itu yang masih be lum terselesaikan. Kalau di hitung-hitung masih sekitar 20 persenan lagi. Kalau air gak ada kendala,” katanya.

Menurut dia, di Rusunawa Sadang Serang unit yang ter - sedia berjumlah 99. Se belum - nya kata Imam, telah dilaku - kan untuk menentukan unit yang akan ditempati oleh warga Cikapundung. “Kemarin sudah ada un - dian di sini. Gak ada masalah untuk pengundian, Minggu depan sudah dapat diisi,” ka - tanya.

Sementara itu Kepala UPT Rusunawa Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Ban - dung Lena Yuliati memas ti - kan, Rusunawa Sadang Serang dapat segera ditempati oleh warga bantaran Sungai Ci - kapundung. Menurut Lena nantinya war ga akan ditempatkan di area selatan bangunan. Pasal - nya baru area selatan saja yang sudah mendapatkan izin layak huni dari kementerian.

“War - ga akan ditempatkan di area selatan bangunan yang jum - lah nya ada 45 unit. Sementara untuk area utara masih me - merlukan izin dari kemen - terian. Pada bulan bulan ini izinnya keluar,” katanya. Lebih lanjut Lena me - mastikan bahwa segala kebu - tuhan warga di Rusunawa se - perti listrik, air dan kebutuhan lainnya sudah dapat dipenuhi. “Semua sudah siap digunakan, warga tinggal menempati,” tandasnya.

Dian rosadi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3429 seconds (0.1#10.140)