Alex: Banyak Bertanya Rahasia Awet Muda

Kamis, 10 September 2015 - 11:49 WIB
Alex: Banyak Bertanya Rahasia Awet Muda
Alex: Banyak Bertanya Rahasia Awet Muda
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumsel Alex Noerdin berulang tahun ke-65, kemarin. Di usia yang bisa dibilang tidak muda lagi itu, Alex mengaku jika anugerah paling berkesan di hari jadinya itu adalah Asian Games resmi dilaksanakan di Kota Palembang.

Perasaan bahagia itu di sam - paikan orang nomor satu di Pem prov Sumsel tersebut usai me nerima para siswa perwira Ke satuan TNI Angkatan Udara di Griya Agung. Alex menyatakan, jika hari ulang tahunya juga bersamaan de ngan hari peringatan hari olah raga nasional.

Dimana pa - da hari yang sama juga Presiden RI Joko Widodo secara resmi men deklarasikan jika In do ne - sia, terutama Palembang akan menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018. Palembang, kata Alex, akan men catat sejarah sebagai tuan rumah pertama dari Pulau Su - ma tera, dalam perhelatan Asian Games tiga tahun men da tang.

Bahkan menurutnya, me n - ja di tuan rumah dengan segala per siapannya membangun da - erah, merupakan pencapaian yang paling berkesan. “Alham - du lilah, sudah 65 ta hun. Kata orang-orang, umur nya seperti baru 30 tahun. Ulang tahun sa - ya, dirayakan semua orang. Te patdihari ini, AsianGames diresmikan Pre si den RI. Ke - bang gannya lagi, Pa lembang menjadi tuan rumah, dan ini akan jadi kebanggan rak yat Sumsel,” ujarnya.

Di usia saat ini, mantan Bu - pati Muba ini mengatakan, akan semakin berusaha men - de katkan diri kepada pencipta sebagai wujud rasa bersyukur. Dengan umur yang kian ber tambah, dan diberikan rahmat ke luar ga serta karier yang sedang dijalani, ia mengatakan, jika se mua itu sudah menjadi penc a pai an hidupnya yang patut di syu kuri.

Sehingga, ia harus bisa le bih menempatkan diri agar bi sa lebih baik lagi, terutama ba gi masyarakat Sumsel. “Semakin usia bertambah, saya itu paling takut jika dika ta - kan kurang bersyukur kepada Allah. Saya punya istri, anak dan semua yang mencintai sa - ya, tentu berharap saya bisa le - bih baik. Bisa lebih berbuat ba - nyak untuk kemaslihatan ma - sya rakat Sumsel,” kata Alex.

Meski di hari ulang tahun - nya, Alex masih te tap bekerja seperti biasa. Peringatan hari ulang tahunnya juga dilakukan dengan menggelar acara syu - ku ran dan pengajian di Griya Agung pa da sore harinya. Namun ia tidak bisa hadir dalam kesempatan doa ber sa - ma yang digelar, karena masih bekerja.

“Orang pertama yang kasih ucapan itu, ibu (istri). Tepat jam 12 malam, dikasih hadiah spesial olehnya. Sete - rus nya mulai banyak ucapan dari keluarga, dan teman-te - man,” ujarnya. Peringatannya biasasaja, ada Yasinan, tapi ia harus ke Jakarta mengikuti peringatan hari olahraga, bersama Pre si den.

Ada tips hidup sehat di sam - paikan politisi partai Golkar ini di saat hari ulang tahunnya, Alex menuturkan, saat sudah ber umur 65 tahun, banyak yang bertanya mengenai ra ha - sia awet muda. Tapi, se be nar - nya untuk hidup awet muda, kata Alex, tidak perlu banyak sya rat, cukup dengan pola hi - dup bersih, sehat dan teratur.

Pola hidup yang teratur, di an ta - ranya teratur saat waktu ma - kan, teratur instirahat, dan ter - atur berolahraga. Selain itu, juga harus men jauhkan dari perbuatan yang merusak diri sendiri, misalnya ketergantungan untuk mero kok.

“Hidup sehat saja ra ha sia - nya, makan, tidur dan olahraga teratur, terpenting jangan me - ro kok. Apalagi dengan peker - jaan saya saat ini, teka nan (preasure), tentu berat, tidak mu da seperti mengangkat be - ras sekarung, tidaklah mudah, bu tuh keteraturan. Intinya, jaga kesehatan,” ujarnya.

Gubernur Sumsel dua pe - rio de ini menambahkan, hidup se hat itu sangatlah mahal. Ka - re na itu, setiap orang apalagi ma sih muda hendakya men ja - ga kese hatan. Tidak ada nik mat yang lebih besar, selain nik mat bisa hidup lebih sehat dan bermanfaat. “Untuk apa kaya raya, jika sa kit-sakitan. Ti dak usah sakit parah, sakit gigi saja sudah ti dak enak,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Biro Kesra Set da Provinsi Sumsel Ahmad Na suhi membenarkan meng - ge lar acara pengajian termasuk syu kuran bagi perayaan ulang tahun Gubernur Sumsel. Pengajian digelar di Griya Agung, menja di per wu jud an rasa syukur dan doa ber sa ma untuk Gubernur Alex Noer din. Kegiatannya dihadiri per wa - kilan satuan perangkat kerja daerah, dan keluarga be sar.

“Acaranya tidak besar, biasabiasa saja. Mendoakan pak Alex dan berharap pelak sa naan Asian Games, yang di res mikan presiden hari, juga ber jalan baik, agar Sumsel lebih maju,” katanya.

Tasmalinda
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4246 seconds (0.1#10.140)