BI: Inflasi Maret Terkendali

Selasa, 14 April 2015 - 20:07 WIB
BI: Inflasi Maret Terkendali
BI: Inflasi Maret Terkendali
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Maret 2015 tetap terkendali dan mendukung pencapaian sasaran inflasi 2015, yakni 4,0±1%.

Deputi Bidang Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, setelah mengalami deflasi pada bulan pertama 2015, inflasi Maret tercatat sebesar 0,17% (mtm) atau 6,38% (yoy) yang bersumber dari kelompok administered price.

Secara umum inflasi pada Maret terkendali, ditopang kelompok makanan olahan(volatile food) yang masih mengalami deflasi dan inflasi inti yang melambat.

"Inflasi administered prices meningkat didorong oleh kenaikan harga bensin premium, solar, elpiji 12 kg, serta harga bensin pertamax, seiring dengan kenaikan harga minyak dunia dan pelemahan nilai tukar rupiah," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Dia melanjutkan, volatile food mengalami deflasi ditopang membaiknya pasokan bahan pangan, termasuk beras yang mulai memasuki musim panen.

"Di sisi lain, perkembangan inflasi inti menurun dari bulan lalu (0,34%, mtm) menjadi 0,29% (mtm) atau 5,04% (yoy), seiring permintaan domestik yang masih moderat dan ekspektasi inflasi yang terkendali, serta penurunan harga komoditas global nonminyak," imbuh Tirta.

Ke depan, BI akan terus mencermati berbagai faktor risiko yang dapat memengaruhi inflasi, terutama terkait dengan perkembangan harga minyak dunia, dampak pelemahan nilai tukar rupiah, kemungkinan penyesuaian administered prices, dan pasokan bahan pangan.

"Dalam rangka menjaga inflasi tetap berada pada sasaran yang ditetapkan, BI senantiasa memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2444 seconds (0.1#10.140)