ADB: AS Tak Akan Biarkan USD Menguat Selamanya

Selasa, 24 Maret 2015 - 13:59 WIB
ADB: AS Tak Akan Biarkan USD Menguat Selamanya
ADB: AS Tak Akan Biarkan USD Menguat Selamanya
A A A
JAKARTA - Deputy Country Director Asian Development Bank (ADB) Indonesia Edimon Ginting meyakini bahwa Amerika Serikat (AS) pun tidak akan membiarkan posisi dolar Amerika Serikat (USD) menguat selamanya, terhadap beberapa mata uang negara di dunia.

Dia menjelaskan, saat in posisi transaksi berjalan (current account) negeri Paman Sam tersebut masih defisit. Menurutnya, meski beberapa waktu lalu kondisi current account deficit (CAD) nya sempat mengalami perbaikan, namun belum sepenuhnya berdampak terhadap perekonomian Amerika.

Akibatnya, perekonomian AS masih Belum sepenuhnya dalam kondisi baik. "Di sisi lain, dolar tidak akan menguat selamanya terhadap mata uang dunia," ujarnya di Hotel Intercontinental, Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Edimon mengungkapkan, pemerintahan AS pada akhirnya juga akan memikirkan pertumbuhan ekonominya yang sebagian besar bertumpu pada ekspor. Dengan demikian, dapat dikatakan penguatan USD ini tidak akan berlangsung lama.

"Dia (pemerintahan AS) pada akhirnya juga akan memikirkan pertumbuhan dari Amerika yang sebagian dari ekspornya. Dia enggak akan biarkan USD menguat selamanya," pungkas dia.

Seperti diketahui, beberapa waktu belakangan kondisi USD terus memperlihatkan penguatan terhadap mata uang dunia. Bahkan, penguatan USD pun membuat kondisi nilai tukar rupiah terus loyo hingga menyentuh angka Rp13.200 per USD.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5621 seconds (0.1#10.140)