Kemenristek Dikti Siap Bantu Kemendikbud Buat Soal UN

Senin, 12 Januari 2015 - 22:16 WIB
Kemenristek Dikti Siap Bantu Kemendikbud Buat Soal UN
Kemenristek Dikti Siap Bantu Kemendikbud Buat Soal UN
A A A
JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) hingga kini belum mengetahui apakah akan dilibatkan dalam proses pembuatan soal ujian nasional (UN) atau tidak.

Mereka akan menunggu koordinasi dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) apakah akan dimintai keiikutsertaannya mempersiapkan soal UN atau tidak.

"Kalau diminta kami akan mempersiapkan," kata Menristek Dikti M Nasir di kantornya, Senayan, Jakarta, Senin (15/1/2015).

Hingga kini mereka juga belum mengetahui apakah akan diikutsertakan dalam kepanitiaan UN atau tidak bersama Kemendikbud. "(Jika) Dilibatkan kami bantu, jika tidak kami persiapan di penerimaan perguruan tinggi negeri," terangnya.

Sementara itu, usai proses UN Kemenristek Dikti menyediakan tiga cara untuk para siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. "Jalur SNMPTN, kedua melalui SBMPTN dan ketiga ujian mandiri," kata dia.

Terakhir, dirinya menyampaikan bahwa nilai UN diprediksi akan tetap digunakan dalam komponen seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

"Tetap menjadi komponen penilaian masuk perguruan tinggi negeri, juga komponen lain," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8390 seconds (0.1#10.140)