Ingin Lolos Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Ini Kuncinya

Kamis, 17 Juli 2014 - 20:11 WIB
Ingin Lolos Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Ini Kuncinya
Ingin Lolos Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Ini Kuncinya
A A A
JAKARTA - Setiap siswa tentu menginginkan untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Namun buka hal mudah untuk mendapatkan kesempatan itu karena persaingan masuk PTN semakin ketat.

Kendati demikian kenyataan itu jangan lantas menyurutkan siswa untuk mewujudkan cita-cita masuk di PTN, apalagi di fakultas yang memang benar-benar didambakan.

Ketua Umum Panitia Nasional Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Ganjar Kurnia memberikan tips khusus agar siswa lolos PTN.

"Kalau ingin masuk perguruan tinggi negeri, harus belajar dari kelas 1 SMA. Sejak kelas 1 SMA belajar dengan baik sehingga peluangnya besar masuk perguruan tinggi negeri," tutur Ganjar dalam diskusi bertajuk Seleksi Ujian Masuk PTN sebagai Salah Satu Jaring Bibit Unggul di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Dia menjelaskan, Ujian Nasional (UN) jelas berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Kalau UN itu bersifat evaluatif, belajar di SMA. Tapi kalau SNMPTN atau SBMPTN itu prediktif, apakah mampu atau tidak kuliah di perguruan tinggi negeri," tutur Ganjar.

Dia menegaskan hingga saat ini tidak pernah terjadi kebocoran soal SBMPTN. Meskipun ada upaya dari pihak-pihak yang berusaha untuk berbuat kecurangan. "Misalnya ada joki, nama ayahnya sama, alamatnya sama, tapi foto mukanya berbeda dengan mengikuti seleksi di hari yang sama, namun di tempat berbeda," ungkap Ganjar.

Diskusi ini juga menghadirkan Direktur Ritel & Consumer Bank Negara Indonesia (BNI) Darmadi Sutanto sebagai narasumber. Acara itu juga dihadiri para peserta try out SBMPTN yang diselenggarakan oleh Sindonews.com.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1690 seconds (0.1#10.140)