Kemenag targetkan kelulusan MTs capai 99,6 persen

Selasa, 06 Mei 2014 - 18:08 WIB
Kemenag targetkan kelulusan MTs capai 99,6 persen
Kemenag targetkan kelulusan MTs capai 99,6 persen
A A A
Sindonews.com - Kementerian Agama (Kemenag) menargetkan Ujian Nasional (UN) jumlah kelulusan Madrasah Sanawiyah (MTs) naik 0,2 persen pada tahun 2014.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) mengatakan, sebelumnya kelulusan MTs pada 2013 mencapai 99,4 persen angka rata-rata nasional. Untuk itu, tahun ini ditargetkan angka kelulusan mencapai 99,6 persen.

"Mudah-mudahan target kan tercapai dengan melihat persiapan yang jauh lebih baik," kata SDA saat ditemui di temui di Jakarta, Selasa (6/5/2014).

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Nur Syam mengatakan, tahun lalu tingkat kelulusan siswa-siswi MTs mencapai 99,50 persen. Maka tahun ini diusahakan mencapai 99,60-99,70 persen.

"Karena kalau 100 persen kan tidak mungkin, tetapi target yang diinginkan masih bisa diharapkan," katanya.

Menurut Nur Syam, keyakinan ini dilihat dari persiapan yang lebih baik dan juga persiapan soal yang memadai. Sehingga, menghasilkan proses UN yang lebih tertib dan baik.

Ia menilai, terkait pendistribusian soal UN pada tahun ini tidak ada masalah, jika dilihat dari permasalahan tahun lalu. Sebab, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bisa belajar dari pegalaman.

"Jadwal UN yang maju satu bulan maka persiapannya mulai dari lelang, penetapan dan fakta integritas sampai pada percetakan dan pengiriman soal jauh lebih baik," jelasnya.

Dirinya meyakini, tidak ada permasalahan kebocoran soal dalam UN MTs tahun ini. Maka diharapkan realitas yang terjadi bahwa tingkat kejujuran orangtua, guru dan siswa di Madrasah menjadi lebih baik.

"Ini menjadi implementasi untuk pengembangan pendidikan karakter dan prinsip kejujuran yang diajarkan selama ini," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7991 seconds (0.1#10.140)