Politik

Pileg 2014, caleg PKB mayoritas aktivis

Minggu,  7 April 2013  −  18:18 WIB
Pileg 2014, caleg PKB mayoritas aktivis
Ilustrasi Pemilu 2014. (Sindophoto)

Sindonews.com - Suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagian besar berasal dari warga Nahdatul Ulama (NU). Jadi tak heran jika legislator dari partai ini umumnya kalangan santri yang melek politik.

Namun sepertinya legislator PKB mendatang akan berbeda. Pasalnya para calon anggota legislatif (caleg) yang mendaftar ke PKB untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 mendatang, sebagian besar dari kalangan mantan aktivis mahasiswa.

Caleg dari kalangan kiai NU justru lebih sedikit dibanding kalangan aktivis tersebut.

Informasi ini diungkap oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Pria yang berasal dari keluarga berkultur NU ini mengatakan, hanya sekira 20 persen dari kalangan kiai yang ingin 'nyaleg' dari partainya.

"Yang dominan itu 70 persen aktivis, kiai tidak terlampau banyak hanya 20," ujar pria yang akrab dipanggil Cak Imin ini di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh 9, Jakarta Pusat, Minggu (7/4/2013).

Tidak hanya aktivis, caleg PKB juga ada yang berasal dari kalangan artis. Namun, jumlahnya sangat sedikit. "Artis hanya 15 orang," tutur Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini.


(hyk)

views: 914x

 

shadow