Anies Respons Jokowi Soal Sodetan Ciliwung Sempat Mangkrak

Selasa, 01 Agustus 2023 - 21:17 WIB
loading...
Anies Respons Jokowi Soal Sodetan Ciliwung Sempat Mangkrak
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons kritikan Presiden Jokowi soal sodetan Ciliwung, Jakarta Timur, yang sempat mangkrak. Foto/MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons kritikan Presiden Joko Widodo soal sodetan Ciliwung, Jakarta Timur, yang sempat mangkrak terkendala pembebasan lahan. Anies mempersilakan jika proyek pembangunan sodetan Ciliwung diaudit untuk mengetahui apa saja yang dikerjakan 8-10 tahun terakhir.

"Silakan saja lakukan assesment diaudit nanti bisa kelihatan bulan apa mengerjakan apa selama 8 tahun, 9 tahun atau 10 tahun terakhir," ungkap bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan saat ditemui di Pendopo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (1/8/2023).

Anies mengatakan, proyek tersebut dikerjakan lintas waktu dan lintas kepemimpinan Gubernur DKI. Kendati demikian, Anies bersyukur sodetan Ciliwung akhirnya selesai.

"Ini bukan sesuatu yang baru itu sudah dikerjakan lintas waktu, bagi saya bersyukur Alhamdulillah ini sudah selesai," katanya.

Anies menuturkan, di setiap proses di balik seremonial pasti ada fakta lain. Anies pun menekankan bahwa setiap pembangunan memang memerlukan waktu.


"Di setiap fase kepemimpinan ada porsi pekerjaan yang diselesaikan di setiap fase. Semua yang sifatnya pembangunan itu pasti memerlukan waktu," tutur ucap eks Gubernur DKI periode 2017-2022 itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan permasalahan proyek Sodetan Ciliwung telah hampir 11 tahun tidak diselesaikan dengan baik. Namun, pada hari ini proyek tersebut selesai dan bisa diresmikan.

"Urusan sodetan Ciliwung ini sudah bertahun-tahun sudah hampir 11 tahun, dan hari ini Alhamdulillah selesai," kata Jokowi dalam sambutannya, Jakarta, Senin (31/7/2023). Jokowi menjelaskan, alasan sempat terhentinya proyek Sodetan Ciliwung dikarenakan pembebasan lahan.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)