Longsor, Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan Ditutup

Jum'at, 02 Desember 2016 - 17:05 WIB
Longsor, Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan Ditutup
Longsor, Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan Ditutup
A A A
KARANGANYAR - Bencana tanah longsor terjadi di jalan tembus Tawangmangu Magetan yang berada di Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2016). Akibatnya, jalan tersebut ditutup untuk umum sementara waktu.

Kapolsek Tawangmangu AKP Riyanto mengatakan, longsor terjadi pada Jumat sekitar pukul 01.00 WIB. Tebing setinggi 10 meter yang ada di jalan tersebut kondisinya labil dan kemudian longsor hingga menutupi ruaa jalan yang ada.

Jalan yang tertutup panjangnya mencapai 12 meter dengan ketebalan tanah 20-50 sentimeter. Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dialui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dari kedua arah.

Untuk sementara, arus lalu lintas dialihkan melalui jalan Tawangmangu lama, meskipun kondisi jalan tersebut cukup curam. Hanya ruas jalan tersebut yang bisa dilalui karena tidak ada alternatif lain.

"Longsor membuat jalan tertutup, untung saja tidak ada pengguna jalan yang melintas sehingga tidak ada korban jiwa dan juga material," ucapnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karanganyar untuk mengatasi masalah tersebut. Satu unit alat berat telah diturunkan untuk mempercepat proses pembersihan tanah yang menutupi ruas jalan.

Selain itu, sejumlah personel kepolisian maupun Koramil Tawangmangu telah diturunkan untuk membantu membersihkan longsoran tanah. Jika proses pembersihan longsoran berjalan lancar, kemungkinan besar akhir pekan ini ruas jalan tembus sudah bisa dilewati kembali oleh pengguna jalan.

Meski demikian, pihaknya berharap para pengguna jalan untuk ekstrahati-hati. Sebab, di sepanjang jalan tembus Tawangmangu-Magetan masih banyak tebing yang labil sehingga dikhawatirkan sewaktu-waktu bisa longsor. "Jalan tembus itu sangat berbahaya. Saat musim hujan seperti ini, tebing semakin mudah longsor," tegasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4549 seconds (0.1#10.140)