4 Perbedaan Qatar dengan Dubai

Jum'at, 21 Juli 2023 - 15:16 WIB
loading...
4 Perbedaan Qatar dengan Dubai
Sama-sama berada di wilayah Teluk, Dubai dan Qatar memiliki perbedaan yang signifikan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Wilayah Teluk berkontribusi pada sebagian besar ekonomi dan PDB dunia. Kawasan Teluk sendiri terdiri dari 7 negara Arab yaitu Arab Saudi, Irak, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA)

Semua negara ini memiliki minyak yang menjadi sumber daya utama mereka dan sangat maju karena investasi serta infrastruktur asing.

Dubai dan Qatar adalah sama terletak di Kawasan Teluk. Meskipun keduanya memiliki beberapa kesamaan karena kedekatan geografis dan budaya regional, mereka juga memiliki perbedaan signifikan dalam berbagai aspek. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan utama antara Dubai dan Qatar yang dinukil dari sejumlah sumber.

Perbedaan Qatar dan Dubai

1. Letak Geografis


Dubai adalah salah satu kota di Uni Emirat Arab (UEA) yang terkenal dengan pusat perbelanjaan mewah dan arsitektur futuristiknya. Kota dengan populasi 3 juta jiwa yang terletak di pesisir Teluk Persia ini bukanlah Ibu Kota UEA. Ibu Kota UEA adalah Abu Dhabi

Di sisi lain, Qatar adalah sebuah negara di kawasan Teluk dengan populasi lebih dari 2 juta yang berbatasan dengan UEA di sebelah utara, dan Arab Saudi di sebelah selatan dengan Doha sebagai Ibu Kotanya.

2. Sumber Pendapatan


Sumber pendapatan utama Dubai adalah pariwisata, usaha real estat, konstruksi, minyak bumi, gas alam, dll. Sedangkan Qatar, minyak dan gas alam adalah sumber daya utama negara dan ekonomi sangat bergantung padanya.

3. Pembangunan dan Infrastruktur


Dubai dikembangkan dengan model negara maju Barat di mana gedung pencakar langit yang tinggi dan arsitektur lainnya adalah ciri utamanya. Sejumlah proyek-proyek megah seperti Menara Burj Khalifa (bangunan tertinggi di dunia), Pulau Buatan Palm Jumeirah, dan banyak lagi berada di kota ini. Dubai telah mengalami perkembangan pesat dan merupakan tujuan utama untuk berinvestasi dan berlibur.

Sementara Qatar adalah negara merdeka dengan warisan budaya yang kaya. Qatar juga mengalami modernisasi tetapi masih mempertahankan model tradisionalistik lamanya.

Negara ini adalah rumah bagi museum dan pasar tradisional kelas dunia.

Qatar juga telah melakukan pembangunan besar-besaran, terutama dalam persiapan untuk Piala Dunia FIFA 2022, dengan membangun stadion sepak bola modern, infrastruktur transportasi, dan fasilitas olahraga lainnya.

4. Sosial Hukum


Dubai memiliki pandangan kebarat-baratan. Kota ini sangat liberal dalam banyak hal, seperti ekonomi, agama, politik, masyarakat, dll.

Sedangkan Qatar tradisional dan konservatif dalam banyak hal. Negara ini berkembang pesat tetapi tidak meninggalkan Islam dalam aturan sosialnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)