Perwakilan Kepala Desa 10 Negara Siap Hadiri ASEAN Village Network di DIY

Jum'at, 23 Juni 2023 - 07:58 WIB
loading...
Perwakilan Kepala Desa 10 Negara Siap Hadiri ASEAN Village Network di DIY
Pelataran Tebing Breksi Desa Sambirejo akan menjadi lokasi jamuan makan ASEAN Village Network
A A A
JOGJAKARTA - Perwakilan kepala desa dari 10 negara di Asean akan berkumpul di Jogjakarta pada kegiatan Asean ASEAN Village Network. Jogjakarta dipilih sebagai tuan rumah kegiatan regional ini setelah disepakati lintas kementerian atau perwakilan Asean.

Rencana Aksi Pembangunan Desa dan Pengentasan Kemiskinan ASEAN (ASEAN Framework Action Plan on Rural Development and Poverty Eradication) 2023 akan membahas 2 kegiatan, yaitu ASEAN Collaborative Forum on Localizing 2030 SDGs in the Village dan ASEAN Rural Culture Expo in the Framework of ASEAN Identity sebagai bagian program kerja Senior Official Meeting on Rural Development and Poverty Eradication (SOMPRDPE) Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023

Bersamaan dengan SOMPRDPE akan digelar pula kegiatan ASEAN Village Network (AVN) yang akan dihadiri oleh seluruh perwakilan SOMRDPE dan kepala desa dari 10 negara anggota ASEAN.

Baca juga: Kagumi Kemajuan Desa di Jateng, Kepala Desa dan Bupati Gowa Belajar ke Ganjar

“Kami akan terus berkoordinasi intensif dan berkomitmen dengan berbagai pihak agar kegiatan ini dapat terselenggara dengan maksimal. Mengingat waktu pelaksanaan sudah sangat dekat,” tutur M Fachri Direktur Advokasi dan Kerja Sama Desa dan Perdesaan dalam keterangan yang diterima Sindonews.com, Kamis (22/6/2023).

M Fachri memastikan kesiapan kegiatan ASEAN Village Network (AVN). Event ini akan diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta yg direncanakan pada tanggal 24 hingga 27 Juli 2023

“Kami akan terus berkoordinasi intensif dan berkomitmen dengan berbagai pihak agar AVN ini dapat terselenggara dengan maksimal. Mengingat waktu pelaksanaan sudah sangat dekat.,” tutur M Fachri

Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar melalui SOMRDPE menginisiasi pembentukan ASEAN Village Network untuk bertukar pandangan dan praktik baik tentang solusi cerdas dalam menanggapi permasalahan di desa.

Sebagai implementasinya, SOMRDPE menominasikan 9 desa yang telah mendapatkan berbagai penghargaan di tingkat Nasional maupun Provinsi dalam bidang pariwisata, digital dan produk unggulan. Kesembilan desa tersebut mewakili masing-masing bidang, yaitu Desa Wisata meliputi Desa Mangunan, Yogyakarta, Desa Kembang Kuning, NTB, dan Desa Sekapuk Jawa Timur; Desa Digital mencakup Desa Cibiru Wetan, Jawa Barat, Desa Duda Timur, Bali, dan Desa Kubu, Kalimantan Barat; OVOP mencakup Desa Muara Badak Ulu, Kalimantan Timur, Desa Namang, Kepulauan Bangka Belitung dan Desa Blendung, Jawa Tengah.

“AVN merupakan momentum baik bagi desa-desa di negara ASEAN untuk bertukar pandangan dan mendiskusikan isu-isu desa. Dengan program ini suara desa dapat terdengar dan dipertimbangkan baik di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional,” tambah M Fachri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3264 seconds (0.1#10.140)