Mendikbud Akan Tingkatkan Pendidikan Vokasi

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 04:44 WIB
Mendikbud Akan Tingkatkan Pendidikan Vokasi
Mendikbud Akan Tingkatkan Pendidikan Vokasi
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya akan meningkatkan pendidikan vokasi.

"Karena kami (Kemendikbud) diminta lebih mempertajam pendidikan vokasi," kata Muhadjir di kawasan Tanah Abang, Jakarta pusat, Kamis 25 Agusutus 2016.

Mendikbud mengatakan, penekanan pada pendidikan vokasi ini atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Karena itu Pak Presiden menekankan pendidikan vokasi," ucapnya.

Lebih lanjut Muhadjir menjelaskan, pihaknya akan memperbaiki sistem vokasi baik formal maupun informal di bidang pendidikan. "Dengan memberikan sertifikat pada setiap pencapaian kreatifitas siswa," tandasnya.

Untuk diketahui, program vokasi saat ini menjadi alternatif untuk melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi. Selain semakin banyaknya penyedia program vokasi, lulusan dari program itu juga banyak dicari oleh perusahaan.

Ada tiga jenis program dalam pendidikan tinggi. Pertama, yakni pendidikan akademik. Kemudian, pendidikan profesi atau spesialis dan yang ketiga pendidikan vokasi atau diploma. Ketiganya memiliki fungsi masing-masing dalam mencetak lulusan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3488 seconds (0.1#10.140)