Hiu Paus Muncul di Teluk Jakarta, Dinas KPKP: Jangan Ditabrak dan Diganggu

Senin, 05 Juni 2023 - 18:01 WIB
loading...
Hiu Paus Muncul di Teluk Jakarta, Dinas KPKP: Jangan Ditabrak dan Diganggu
Hiu Paus atau Rhincodon Typus yang muncul di perairan Teluk Jakarta. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Hiu Paus atau Rhincodon Typus yang muncul di perairan Teluk Jakarta, tidak perlu ditakutkan. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) meminta nelayan dan masyarakat tidak mengganggu keberadaan Hiu Paus tersebut.

"Dengan kehadiran Hiu Paus diharapkan nelayan dan masyarakat lainnya agar tidak menabrak dan mengganggu hewan tersebut serta tidak melakukan penangkapan," ujar Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati, Senin (5/6/2023).



Eli menjelaskan, Hiu Paus kini berstatus terancam punah dan merupakan hewan dilindungi secara nasional melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus.

"Bahkan (dilindungi) di lingkup internasional oleh IUCN (The International Union for Conservation of Nature)," katanya.

Video Hiu Paus berkeliaran di perairan Teluk Jakarta sebelumnya viral di media sosial. Video tersebut diambil oleh wisatawan yang sedang bermain jet ski di sekitar perairan dekat Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Dalam video itu terlihat sejumlah ikan hiu paus muncul di perairan. "Ini ada satu ekor, dua ekor, tiga, ini lima ekor lagi. Ada delapan ya," sebut orang yang merekam video tersebut.

Fenomena Unik

Petugas penjagaan di Subdit Patroli Ditpolairud Polda Metro Jaya membenarkan adanya ikan Hiu Paus yang kerap muncul ke permukaan laut.

"Iya, benar. Memang saat patroli kami juga sering melihat ada banyak Hiu Tutul," ujar salah satu petugas.

Peneliti Ahli Madya Pusris Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Fahmi memastikan bahwa ikan yang terlihat dalam video merupakan Hiu Paus atau dalam bahasa ilmiahnya Rhincodon Typus.



Menurut dia, kemunculan Hiu Paus secara berkelompok merupakan fenomena unik. Sebab Hiu Paus biasanya menjelajah lautan secara individu.

"Kemunculan hiu paus secara bergerombol di Teluk Jakarta menjadi fenomena menarik, karena memang bukan sifat dasar Hiu Paus ini berkelompok," tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)