Menteri Anies Ingin Pendidikan di Indonesia Bisa Merata

Minggu, 22 Mei 2016 - 03:15 WIB
Menteri Anies Ingin Pendidikan di Indonesia Bisa Merata
Menteri Anies Ingin Pendidikan di Indonesia Bisa Merata
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan, Indonesia harus mengejar keterlambatan dalam ketimpangan dari segi pendidikan di berbagai daerah.

"Di kita ini saya lihat terlambat (kemajuannya). Kita suka mengalami ketimpangan dari pendidikan," kata Anis di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu 21 Mei 2016.

Anies mengungkapkan, saat ini pemerintah khususnya dari Kemendikbud sedang mencoba mengatasi kesenjangan dalam pendidikan di Indonesia.

"Ya seperti dalam pengembangan potensi anak, tapi akan selalu ada catatan kaki, misalnya untuk menyiapkan ke jenjang selanjutnya. Kita berusaha mengembangkan pendidikan," ungkapnya.

"Tapi ini tidak perlu direduksi untuk ke jenjang kerja. Karena untuk (dunia) kerja bisa dilakukan training. Jadi yang kita fokuskan yaitu untuk mengembangkan terlebih dahulu kemampuan dari mereka (para pelajar)," imbuhnya.

Anis menyebut, dalam tahapan mengatasi kesenjangan pendidikan lebih difokuskan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Karena sambung Menteri Anies, dengan SMK bisa mendidik anak untuk mandiri, kemudian kemampuan skill bisa dimaksimalkan dalam dunia kerja nantinya.

"Ya kita memfokuskan ini ke SMK, kita melihat dalam kebutuhan ke depan. SMK itu juga bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Tapi dalam hal ini, SMK ini bisa lebih terasah. Karena banyak anak-anak lulusan SMK langsung mencari kerja," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6013 seconds (0.1#10.140)