Jokowi Ingin Hasil Pendidikan Bisa Memanusiakan Manusia

Senin, 02 Mei 2016 - 09:02 WIB
Jokowi Ingin Hasil Pendidikan Bisa Memanusiakan Manusia
Jokowi Ingin Hasil Pendidikan Bisa Memanusiakan Manusia
A A A
JAKARTA - Hari Pendidikan Nasional atau yang biasa disingkat Hardiknas, adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Merespons Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut momentum ini untuk perbaikan karakter bangsa Indonesia.

"Pendidikan bukan hanya menjadikan manusia Indonesia cerdas dan pintar, tapi upaya memanusiakan manusia. Selamat Hari Pendidikan Nasional," kata Jokowi, di akun Twitter @jokowi, Senin (2/5/2016).

(Baca juga: Jokowi Sebut Alhamdulillah 10 WNI yang Disandera Sudah Dibebaskan)

Untuk diketahui, Hardiknas yang jatuh setiap 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda. Dia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu.

Karena pada zaman itu, yang hanya diperbolehkan sekolah atau mendapatkan pendidikan hanya anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9512 seconds (0.1#10.140)