4 Golongan Manusia Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani

Senin, 22 Mei 2023 - 18:15 WIB
loading...
4 Golongan Manusia Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
Ulama bergelar Sulthanal Auliya (pemimpin para Wali) Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani membagi manusia ke dalam empat golongan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani (wafat 561 Hijriyah atau 1167 M) dikenal sebagai ulama besar bergelar Sulthanal Auliya (pemimpin para Wali). Beliau sering menjadi rujukan para ulama dan ahli tasawuf karena keluasan ilmunya.

Dalam Kitab Nashaihul 'Ibad karya Syaikh Nawawi Al-Bantani menukil keterangan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani terkait golongan manusia. Menurut Syaikh Abdul Qadir, manusia terbagi empat golongan, yaitu:

رجل لا لسان له ولا قلب وهو العاصى العر الغبي، فاحذر أن تكون منهم ولا تقم فيهم فإنهم أهل العذاب

1. Manusia yang tidak mempunyai lisan dan hati, ia senang bermaksiat, menipu serta dungu. Berhati-hatilah terhadap mereka dan janganlah berkumpul dengannya, karena mereka adalah orang-orang yang mendapatkan siksa.

ورجل له لسان بلا قلب فينطق بلحكمة ولا يعمل بها يدعو الناس إلى الله تعالى وهو يفر منه، فابعد منه لئلا يخطفك بلذيذ لسانه فتحرقك نار معاصيه ويقتلك نتن قلبه

2. Manusia yang mempunyai lisan tapi tak punya hati. Ia suka membicarakan hikmah atau ilmu tapi tidak mau mengamalkannya, mengajak ke jalan Allah, tapi ia sendiri justru lari dari-Nya. Jauhi mereka, agar kalian tidak terpengaruh dengan manisnya ucapannya, sehingga kalian terhindar dari panasnya kemaksiatan yang telah dilakukannya dan tidak akan terbunuh oleh kebusukan hatinya.

ورجل له قلب بلا لسان مهو مؤمن، ستره الله تعالى عن خلقه، وبصره بعيوب نفسه، ونور قلبه، وعرفه غوائل مخالطة الناس وشؤم الكلام. فهذا رجل ولي الله تعالى محفوظ فى ستر الله تعالى, فالخير كل الخير عنده، فدونك ومخالطته وخدمته فيحبك الله تعالى

3. Manusia yang mempunyai hati tapi tak punya lisan (tidak pandai berkata). Mereka adalah orang-orang yang beriman yang sengaja ditutupi Allah dari makhluk-Nya, diperlihatkan kekurangannya disinari hatinya, diberitahukan kepadanya akan bahaya berkumpul dengan sesama manusia dan kehinaan ucapan mereka. Mereka adalah golongan kekasih Allah yang dijaga dari tirai Ilahi-Nya dan memiliki segala kebaikan,maka berkumpul dengan dia dan layanilah kebutuhannya, niscaya kamu juga akan dicintai Allah.

ورجل تعلم وعلم عمل بعلمه وهو العالم بالله تعالى وآياته، استودع الله قلبه غرائب علمه، وشرح صدره لقبول العلوم، فاحذر أن تخالفه وتجانبه وتترك الرجوع إلى نصيحته

4. Manusia yang belajar, mengajar dan mengamalkan ilmunya. Mereka adalah Al-'alum Billah, mereka mengetahui Allah pada ayat-ayat Nya, Allah menitipkan kepada mereka ilmu yang agung. Allah melapangkan dada (hati) mereka untuk menerima berbagai ilmu pngetahuan. Maka hati-hati dan waspadalah. Jika engkau menyalahi dan menjauhi mereka. Ambillah nasihat dari mereka.

Demikian empat golongan manusia menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani. Semoga kita dimasukkan ke dalam golongan yang beruntung.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)