Jalaluddin Rumi Ada di Museum Aga Khan Kanada

Minggu, 21 Mei 2023 - 11:12 WIB
loading...
Jalaluddin Rumi Ada di Museum Aga Khan Kanada
Dua Gembala dengan Domba dan Kambing oleh Ali Quli Jabbadar. Suling bambu dalam lukisan Persia ini dari akhir tahun 1600-an mengacu pada puisi Rumi Lagu Seruling Buluh. (Museum Aga Khan/cbc)
A A A
Jalaluddin Rumi ada di Kanada? Ini adalah Rumi Exhibition di Museum Aga Khan di Kanada. Pameran tersebut digelar sampai 1 Oktober 2023. Pameran ini ingin menjawab siapa sejatinya Rumi.

"Apa yang kita ketahui tentang orang ini dan bagaimana kita sampai pada titik di mana dia menjadi ikon global?" kata kurator museum Aga Khan, Michael Chagnon, sebagaiman dikutip laman setempat, CBC.

Jalāl ad-Dīn Mohammad Rūmī juga dikenal dengan nama Jalāl ad-Dīn Mohammad Balkhī atau sering pula disebut Rumi (30 September 1207 – 17 Desember 1273).

Penyair Persia abad ke-13 ini seakan tak pernah mati. Hampir 800 tahun sang Sufi meninggalkan bumi, namun kata-katanya ada di mana-mana. Ditampilkan di lagu-lagu Coldplay. Ditorehkan di bisep Brad Pitt. Ada di Twitter, Instagram, dan banyak lagi. Salah satu anak Beyoncé dan Jay-Z dinamai menurut namanya.
Jalaluddin Rumi Ada di Museum Aga Khan Kanada

"Saya tidak tahu apakah kami dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, tetapi kami akan mencoba melalui tur visual ini. Dan ini hanya kesempatan bagi orang-orang untuk mendapatkan apresiasi yang lebih dalam untuk Rumi sebagai orang yang pernah hidup — untuk menempatkan puisinya, mistisismenya, pemikirannya dan sebagainya," ujar Michael Chagnon.



Pameran ini dibagi menjadi tiga bagian, memeriksa kehidupan awal Rumi, tulisannya, dan dampak budayanya yang bertahan lama. Ini menampilkan artefak sejarah dari masa hidup Rumi, serta manuskrip karya dan seninya yang terinspirasi oleh puisinya, mulai dari periode tepat setelah kematiannya pada 1273 hingga akhir abad ke-19.

Ini juga menampilkan tiga karya kontemporer oleh seniman yang berbasis di Kanada - semuanya berakar di tempat tinggal Rumi, dan semuanya terinspirasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh karyanya.

Rumi, yang lahir dengan nama Jalāl al-Dīn Muḥammad Balkhī, dikenal sebagai penyair, penulis, dan ulama. Yang kurang terkenal adalah, dalam istilah modern, dia tumbuh sebagai pengungsi.
Jalaluddin Rumi Ada di Museum Aga Khan Kanada

Rumi lahir pada 1207 di tempat yang sekarang menjadi perbatasan Tajikistan dan Afghanistan. Karena invasi Mongol, Rumi menghabiskan sebagian besar masa kecilnya bergerak melalui apa yang sekarang menjadi Iran, Irak dan Suriah, sebelum akhirnya menetap di kota Konya di Turki modern.



Chagnon mengatakan bahwa pada akhirnya, tujuan dari pameran ini adalah untuk membantu orang memahami tidak hanya siapa Rumi, tetapi juga mengapa dia masih bergema dengan kita hari ini.

"Di setiap generasi dia menemukan kembali cara-cara di mana dia menjadi relevan lagi," katanya. "Dan itu cerita yang sangat penting. Sangat sulit untuk menemukan sosok, menurut saya, di mana pun di dunia yang memiliki jangkauan seperti itu pada tingkat yang begitu dalam, menyentuh jiwa orang, selama lebih dari 750 tahun."
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)